Jakarta (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) meraih peringkat pertama versi Webometrics Impacts Ranking untuk kategori kampus Muhammadiyah Aisyiyah se-Indonesia-Malaysia.

"Uhamka saat ini sedang berbenah menuju akreditasi unggul, dengan adanya penilaian Webometrics ini tentu akan menjadi semangat dan motivasi untuk bisa bergerak lebih cepat, interaktif dan tangguh," ujar Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Uhamka raih hibah pendanaan untuk 12 kelompok PKM

Ia menambahkan, pihaknya selalu berkomitmen dalam meningkatkan mutu kurikulum, tata kelola, sarana prasarana dan teknologi, serta yang terpenting adalah peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM).

Untuk saat ini Uhamka memiliki ranking Impact Webometrics tertinggi dari 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia-Malaysia.

Webometrics merupakan pemeringkatan universitas di dunia. Dalam membangun motivasi institusi dinilai berdasarkan visibility impact (50 persen), openness (10 persen), dan excellence (40 persen).

Baca juga: Uhamka tempati peringkat 66 kampus terbaik versi Webometrics 2022

Webometrics juga menilai jaringan media dan informasi yang tersebar di dunia digital yang merujuk informasi tentang universitas.

Prof Gunawan mengemukakan selama ini pihaknya menjadi poros berkeadaban yang mampu mengintegrasikan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah pada setiap civitas akademikanya. Hal ini selaras dengan visi misi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University di masa depan.

Plt Dirjen Dikti Kemendikbudristek Prof Nizam mendorong PTS untuk terus meningkatkan pembelajaran serta berkolaborasi dengan industri serta pihak lainnya.

Baca juga: Uhamka raih penghargaan lembaga pendidikan pendukung literasi zakat

"Dengan demikian, mutu pendidikan di PTS juga semakin meningkat," kata Nizam.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022