Jakarta (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) meraih predikat kampus Islam terbaik kesembilan dunia dan nomor satu di Indonesia berdasarkan versi 4 Internasional College & Universities (4ICU) UniRank 2023.

"Alhamdulillah, tentu kami bersyukur Uhamka telah membuktikan keunggulannya dengan meraih peringkat ke-9 sebagai kampus Islam terbaik dunia, dan peringkat pertama di Tanah Air yang terdaftar dalam data versi 4ICU tahun 2023," ujar Rektor Uhamka Gunawan Suryoputro dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Rektor Uhamka inisiasi program Merdeka Belajar tenaga kependidikan

4ICU adalah suatu mesin pencari dan direktori yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 11.307 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar di 200 negara.

Komponen penilaian yang digunakan 4ICU adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic SEO (Referring Domain, Citation Flow, Citation Trust). Update hasil pemeringkatan dirilis 4ICU setiap bulan Januari dan Juli.

Gunawan mengatakan predikat tersebut menjadi capaian yang luar biasa sebagai kampus swasta milik salah satu organisasi Islam terbesar di dunia, Muhammadiyah.

Menurutnya, berbagai prestasi ini berhasil dicapai berkat kerja sama, kerja keras, dan kerja cerdas keluarga besar Uhamka. Pada 2022, Uhamka dinobatkan sebagai kampus Islam terbaik dunia peringkat 22 lewat situs yang sama.

Ia berharap melalui pencapaian prestasi tersebut, tidak membuat keluarga besar Uhamka berpuas diri. Justru harus menjadi motivasi untuk bisa meningkatkan dan memperbaiki segala kekurangan.

Baca juga: Sebanyak 1.000 anak yatim dapat santunan dari Uhamka

Baca juga: Uhamka raih peringkat 22 kampus Islam terbaik dunia


"Saya berharap dengan raihan peringkat yang signifikan ini serta akreditasi yang telah unggul dapat menjadikan Uhamka terus berkomitmen untuk lebih maju dengan merealisasikan visi Uhamka sebagai Prophetic Teaching University 2024, dan Prophetic Entrepreneurial University 2045," kata dia.

Ia menyampaikan bahwa saat ini Uhamka sebagai amal usaha milik Muhammadiyah tengah melakukan internasionalisasi kampus. Hal ini sejalan dengan Visi Muhammadiyah dalam mencerahkan semesta.

"Gerakan dan dakwah yang dibangun harus menyentuh kancah dunia, dan kami yang bergerak di bidang pendidikan akan ikut serta dalam visi yang sudah dicanangkan PP Muhammadiyah," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023