Jakarta (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) meraih peringkat 22 kampus Islam terbaik dunia berdasarkan versi 4 Internasional College & Universities (4ICU) UniRank 2022 yang telah diumumkan pada Agustus 2022.

“Alhamdulillah, kami bersyukur atas prestasi signifikan ini, Uhamka memperoleh peringkat 22 kampus Islam terbaik dunia dan peringkat tiga di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) serta peringkat 33 dari 582 perguruan tinggi di Indonesia yang terdaftar pada 4ICU.” ujar Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Uhamka raih akreditasi unggul dari BAN-PT

Gunawan menambahkan, selain 4ICU, Uhamka juga telah meraih hasil membanggakan di pemeringkatan Webometrics. Menurut dia, hal itu berkat kerja sama seluruh keluarga besar Uhamka untuk terus tumbuh dan bergerak mencapai visi Uhamka sebagai kampus Prophetic Entrepreneurial University 2045.

4ICU UniRank merupakan perankingan resmi perguruan tinggi sedunia yang berpusat di Australia yang berfokus pada penilaian perguruan tinggi. Di Indonesia terdata 582 perguruan tinggi yang telah terdaftar 4ICU pada 2022.

Baca juga: Uhamka peringkat satu Webometricts Impacts Ranking kampus Muhammadiyah

“Uhamka mendapatkan capaian yang signifikan karena sejak tahun 2021 menduduki peringkat 99 perguruan tinggi Indonesia,” kata dia.

Gunawan mengatakan, untuk dapat bersaing secara internasional, maka perlu memperhatikan kemampuan dari sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, semua dosen yang masih S2 diminta untuk lanjut kuliah S3 dengan biaya dari Uhamka jika tidak mendapatkan beasiswa pemerintah atau instansi lain.

Baca juga: Uhamka raih hibah pendanaan untuk 12 kelompok PKM

Plt Diktiristek Kemendikbudristek Nizam mengatakan pihaknya terus mendorong kampus-kampus di Indonesia baik negeri maupun swasta untuk dapat bersaing di kancah global. Sejumlah upaya dilakukan di antaranya pendampingan hingga peningkatan kapasitas SDM.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022