Mekkah (ANTARA) - Seorang calon haji Embarkasi Banjarmasin (BDJ 3) atas nama Sugiansyah Basuki M Yamin (50) meninggal dunia usai beribadah dan ziarah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi pada Minggu (19/6).

Dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Madinah Muhaimin Munizu dikutip dari Media Center Haji (MCH) di Madinah, Senin, mengatakan, almarhum meninggal akibat penyakit jantung.

Sebelumnya diketahui almarhum ikut ziarah dan shalat Dzuhur di Masjid Nabawi sekitar pukul 13.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Kemudian Sugiansyah pulang ke hotel tempat dia menginap untuk tidur.

Pada pukul 16.35 WAS, ia kembali ke Masjid Nabawi untuk shalat Ashar dan pulang ke hotel bersantai dengan sesama jamaah tanpa keluhan apapun.

Baca juga: Calon haji yang meninggal di Tanah Suci bertambah jadi enam orang
Baca juga: Calon haji asal Cianjur meninggal di Madinah

Namun pada pukul 17.45 WAS, Sugiansyah tiba-tiba jatuh saat keluar dari kamar mandi. Peristiwa tersebut disaksikan langsung oleh pegawai hotel yang mengaku melihat pasien memegang dada kiri saat jatuh.

Pegawai hotel langsung menghubungi petugas kloter yang kamarnya dekat dengan kamar pasien lalu petugas langsung memberikan pertolongan pertama.

Petugas juga sempat melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) lalu Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) menghubungi tim emergency medis (EMT) tapi pasien tidak tertolong.

Pukul 18.00 WAS RJP dihentikan dan pasien dinyatakan meninggal oleh TKHI.

Hingga saat ini tujuh jamaah calon haji Indonesia meninggal dunia di Madinah maupun dalam perjalanan menuju Tanah Suci. Sebagian besar meninggal dunia akibat penyakit jantung.

Baca juga: Jamaah meninggal sebelum wukuf berhak dibadahhajikan

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022