Banjarmasin (ANTARA) - Penyebaran COVID-19 di Provinsi Kalimantan Selatan bertambah tiga kasus yang berasal dari Kota Banjarmasin pada Sabtu ini.

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dengan bertambahnya tiga kasus ini, maka pasien yang dirawat sebanyak 30 orang.

Dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalsel ini, Kota Banjarmasin menjadi urutan teratas dengan sebanyak 16 pasien COVID-19, disusul Kabupaten Banjar sebanyak 6 pasien COVID-19.

Sementara itu, lima kabupaten di Provinsi Kalsel dinyatakan tidak ada pasien COVID-19, yakni, Kabupaten Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara dan Tanah Bumbu.

Baca juga: Kalsel tambah 4 pasien sembuh dari COVID-19 dan 24 masih dirawat

Baca juga: Tujuh kabupaten di Kalsel sudah tidak ada lagi pasien COVID-19


Dengan adanya tambahan tiga positif COVID-19 pada hari ini, maka kasus COVID-19 di Kalsel selama pandemi ini sebanyak 84.366 kasus.

Dinkes Kalsel melaporkan tidak ada penambahan pasien sembuh dan meninggal dunia pada hari ini, hingga angka kesembuhan tetap sebanyak 81.800 orang dan meninggal dunia 2.536 orang, selama pandemi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel Dr Diauddin di Banjarmasin, meminta masyarakat tetap waspada, selalu disiplin protokol kesehatan, karena pasien terinfeksi COVID-19 di provinsi ini masih banyak.

"Jangan kendor, tetap disiplin protokol kesehatan, pakai masker," ujar dia.

Meskipun sudah diberi kebijakan kelonggaran pengetatan untuk kegiatan masyarakat, karena sudah status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di semua kabupaten/kota, tetap jangan lengah.

Dia pun berharap masyarakat mengikuti vaksinasi COVID-19 untuk suntik dosis ketiga atau booster, karena masih sedikit, belum di atas 20 persen dari target 2,9 juta sasaran.

Sementara itu, untuk suntik dosis kedua sudah di atas 70 persen dan suntik dosis pertama sudah di atas 93 persen.*

Baca juga: Kalsel tambah tiga kasus COVID-19 dari Banjarbaru dan HST

Baca juga: Kadinkes Kalimantan Selatan ingatkan prokes di objek wisata


Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022