Banjarmasin (ANTARA) - PT Adaro Energy Indonesia Tbk meraih penghargaan Platinum pada Bisnis Indonesia Social Responsibility Award (Bisra) 2022 untuk kategori perusahaan swasta terbuka.

Penghargaan diberikan Bisnis Indonesia & Habitat for Humanity Indonesia melalui Lulu terianto selaku Presiden Direktur Bisnis Indonesia Group serta Direktur PT Bisnis Indonesia Gagaskreasitama Chamdan Purwoko di Jakarta pada Rabu (29/6/2022).

Penghargaan Bisra tahun ini mengangkat tema Social Responsibility to Accelerate Stronger Recovery dimana acara ini hadir untuk mengapresiasi perusahaan yang terus mendukung masyarakat Indonesia dengan berbagai program CSR di masa pemulihan setelah pandemi.

Dari total 118 perusahaan yang dinilai, Adaro berhasil mendapatkan penghargaan Platinum, sebagai apresiasi tertinggi dalam penghargaan Bisra. Adaro dinilai berhasil melaksanakan program yang terintegrasi dan tetap konsisten menunjukkan perbaikan yang terus menerus serta berhasil menjalankan 12 elemen penilaian CSR dengan baik.

Elemen tersebut adalah; dampak kepada masyarakat, kemampuan sustainability program dan kesesuaian dengan SDG, pengukuran SROI, rencana kerja jangka panjang, keunikan program, konsistensi dalam penyajian data, kegiatan volunteer, multi-stakeholder, mitigasi bencana, keterlibatan direksi dan terakhir program yang konsisten dan menunjukkan continuous improvement.

Salah satu program yang diapresiasi adalah Madu Kelulut. Program budi daya Madu Kelulut atau Istana Kelulut adalah salah satu program unggulan Adaro yang berhasil memulai suatu perubahan kebiasaan budaya masyarakat sekitar Kalimantan dalam pengambilan madu kelulut yang semula menggunakan pola tebang pohon menjadi budi daya berkelanjutan.

Selain bermanfaat kepada lingkungan, program ini juga membantu masyarakat mendapatkan sumber pendapatan yang lebih baik dengan menjadi peternak madu. Program ini merupakan salah satu upaya Adaro dalam mendukung pemerintah untuk mencapai Sustainable Development Goals khususnya indikator 3 mengenai kesehatan yang baik dan kesejahteraan, indikator 8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan indikator 15 menjaga ekosistem darat.

"Bisra merupakan apresiasi kepada perusahaan yang telah berkomitmen untuk membantu komunitas rentan dan masyarakat berpenghasilan rendah terutama dengan program CSR secara konsisten dan berkesinambungan di tengah pandemi COVID-19," ujar Hariyadi Budi Santoso Sukamdani, selaku Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group .

"Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi pendorong agar perusahaan dapat terus meningkatkan program CSR perusahaan," ungkapnya.

Baca juga: Smelter rampung 2024, Adaro Energy serius masuk ke industri aluminium
Baca juga: Program TJSL Pertamina Geothermal Energy raih penghargaan Bisra
Baca juga: Budi daya madu kelulut bawa Adaro raih Proper Emas dari KLHK

Pewarta: Sukarli
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022