Jakarta (ANTARA) - Menjelang Hari Raya Idul Adha, perusahaan rintisan agritech Sayurbox menggaet Dompet Dhuafa menyediakan hewan kurban yang bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Nantinya pembelian hewan kurban itu bisa dilakukan secara daring lewat aplikasi Sayurbox sementara proses penyembelihan serta proses pembagiannya akan dilakukan oleh Dompet Dhuafa.

"Sayurbox terus berusaha memenuhi kebutuhan konsumen urban, termasuk di momen spesial seperti Idul Adha. Dengan kerjasama Dompet Dhuafa ini, konsumen dapat berkurban secara mudah dan cepat serta kualitas hewan kurban yang terjamin. Proses kurban juga dipastikan transparan, dimana konsumen akan mendapat laporan penyembelihan serta sertifikat kurban,” kata Co-Founder dan Chief of Product Operations Sayurbox Metha Trisnawati dikutip dari siaran persnya, Selasa.

Baca juga: Menkominfo apresiasi kurban online di tengah pandemi

Lembaga Riset Institute for Demographic and Poverty Studies (Ideas) memproyeksikan potensi nilai ekonomi kurban Indonesia pada 2022 bisa mencapai Rp 24,3 triliun yang berasal dari 2,17 juta pekurban.

Proyeksi tersebut meningkat tipis dari tahun lalu yang diestimasikan mencapai Rp 22,3 triliun dari 2,11 juta orang pekurban.

Dompet Dhuafa yang memang rutin membantu masyarakat Indonesia untuk berkurban menyebutkan pihaknya akan memastikan setiap hewan yang dikurbankan telah melewati pemeriksaan kualitas dan mengantongi sertifikat sehat.

Hal itu akan tetap dijaga bersamaan dengan pengecekan berat badan hewan kurban serta proses kurban yang sesuai syariat Islam.

“Dengan adanya platform seperti Sayurbox yang memungkinkan berkurban secara daring, kami berharap masyarakat semakin tergerak untuk berkurban," ujar Ketua Program Tebar Hewan Kurban dari Dompet Dhuafa Dian Mulyadi.

Lebih lanjut Dian mengatakan, "Dompet Dhuafa juga akan memastikan penyebaran hasil kurban yang merata. Wilayah distribusi yang akan jadi prioritas termasuk wilayah miskin, tertinggal dan pedalaman dan juga yang jarang menikmati daging kurban sebelumnya."

Bagi pelanggan yang telah membeli kurban melalui aplikasi Sayurbox nantinya akan dihubungi secara langsung oleh tim Dompet Dhuafa.

Pelanggan akan menerima laporan mengenai penyembelihan kurban dan informasi terkait sunnah-sunnah Idul Adha, serta sertifikat kurban akan akan dikirimkan melalui email maksimal 45 hari setelah hewan kurban disembelih.

Hewan kurban akan terus tersedia di aplikasi Sayurbox hingga tanggal 9 Juli 2022 jam 18.00 WIB. Hewan kurban nantinya akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha, 10 Juli 2022 dan 3 hari Tasyrik yaitu tanggal 11 – 13 Juli 2022.

Baca juga: Shopee hadirkan program layanan berkurban secara daring

Baca juga: Kurban di pedalaman NTT bisa via online

Baca juga: Berkurban bisa lewat online dengan open platform Bantu Tetangga

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022