ini menunjukkan ketaatan Ibrahim kepada Allah
Makassar (ANTARA) - Ratusan jamaah Muslim memadati beberapa lokasi untuk mengikuti pelaksanaan shalat Idul Adha 1443 Hijriah dengan penuh suka cita, di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Walaupun tahun 2022 ini ada perbedaan waktu pelaksanaan lebaran, dimana pemerintah dan MUI bersepakat menetapkan 10 Dzulhijah jatuh pada Minggu, 10 Juli, dan organisasi Islam Muhammadiyah menetapkan Sabtu, 9 Juli, namun perbedaan itu disikapi sebagai hal yang biasa.

Ustadz Muzakkir selaku khatib di Masjid Ridha Muhammadiyah, Jalan Tamalate I, Kecamatan Rappocini dalam ceramahnya menyampaikan, jutaan jamaah haji telah melaksanakan wukuf di Padang Arafah.

Para jamaah haji itu diharuskan berpakaian sederhana, tubuhnya hanya dibaluti kain ihram sesuai adab berhaji bahkan rela meninggalkan keluarga selama satu bulan.

"Mereka juga meninggalkan kemewahan duniawi, terpisah dengan harta dan keluarga hanya semata-mata karena Allah SWT. Selanjutnya, menunaikan shalat Id, sama yang kita laksanakan hari ini," paparnya.

Baca juga: Ribuan orang antusias ikuti Shalat Id Muhammadiyah di Tanah Abang
Baca juga: Khatib: Hari Raya kurban momentum mendekatkan diri kepada Allah

Dari beberapa hadist Bukhari dan Muslim, kata Muzakkir menekankan, agar manusia hidup untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT sesuai tuntutan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Selain itu, Rasulullah selalu mengingatkan kaumnya pada peristiwa Idul kurban, dimana Nabi Ibrahim AS diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih anak kandungnya, Nabi Ismail AS.

"Kalau bukan perintah Allah melalui mimpi Nabi Ibrahim maka tidak akan ada kurban. Ini menunjukkan ketaatan Ibrahim kepada Allah. Begitu pula Nabi Ismail rela disembelih oleh ayahnya walaupun itu sangat berat," ujarnya.

Melalui peristiwa itu, tambah Muzakkir, bagaimana mengajarkan dan menanamkan kepada putra-putri kita arti keikhlasan salah satunya menghormati orang tua. 

Selain di Masjid Ridha Muhammadiyah Jalan Tamalate 1, beberapa lokasi pelaksanaan salat Idul Adha 9 Juli 2022 dirilis pengurus Muhammadiyah yakni di Pusat Dakwah Muhammadiyah (PUSDAM) Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan Makassar. Kampus Unismuh Makassar, Jalan Sultan Alauddin.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat menjadi khatib shalat Idul Adha di Bekasi
Baca juga: Shalat Idul Adha siap digelar di Balai Kota Surabaya pada Minggu

Selanjutnya, di Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam Gombara, Makassar. Lapangan Muhammadiyah Awwalul Islam jalan Ir Sutami Makassar, Masjid Babul Jannah, dan Masjid Baiturrahman, Jalan Urip Sumoharjo.

Kemudian, Masjid Al Bustan Berua, jln Paccerakkang, Masjid Babul Muttaqin Muhammadiyah, Jalan Tamangapa Raya 3, Masjid Muh Darussalam Borong Jambu Jalan AMD Manggala serta Masjid Al Fatah, Jalan Tanjung Alang Sambungjawa.

Lapangan Masjid Ikhtiar Kompleks Perumahan Dosen Unhas Baraya, Jalan Sunu, Masjid Nurut Taubah, Jalan Adipura III, Masjid Al Mukhlisin Kompleks Perumahan Dosen Unhas Baraya I, dan Masjid Al-Ikhlas Perumahan Dosen Unhas Tamalanrea Makassar.

Baca juga: JIC ikut pemerintah laksanakan shalat Id pada Minggu

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022