Jakarta (ANTARA) - Jamaah memadati Masjid Al Azhar Jakarta Selatan untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1443 Hijriah, namun arus lalu lintas di sekitar Sisingamangaraja Jakarta Selatan tetap lancar dan teratur.

Jamaah yang berasal dari berbagai daerah Jakarta ini, sudah mulai berdatangan sejak 05.30 WIB, jamaah yang berdatangan lebih banyak datang bersama dengan keluarga besarnya.

Baca juga: Masjid Al Azhar laksanakan penyembelihan hewan kurban pada Rabu
 
"Jamaah datang dari mana saja ya," ungkap petugas keamanan dari YPIA, Achsanudin di Jakarta, Minggu.
 
Area kompleks Masjid Al-Azhar juga sempat tidak bisa dimasuki oleh para jamaah yang menggunakan kendaraan. Mereka harus memarkirkan kendaraan di sisi jalan, karena sudah padatnya kondisi lahan parkir di gedung Universitas al-Azhar Indonesia dan juga area Masjid agung Al-Azhar.
 
"Saya memang setiap tahun shalat Idul Adha dan Idul Fitri disini bersama dengan anak-anak dan istri saya," tutur jamaah Shalat Idul Adha asal Depok, Jawa Barat, Haris.

Baca juga: Khatib Masjid Al-Azhar Jakarta ajak jamaah doakan perjuangan Palestina
Pantauan ANTARA, meski banyaknya jamaah yang menggunakan kendaraan pribadi untuk datang menunaikan shalat ibadah Idul Adha, tidak sampai memunculkan kemacetan di Jalan Sisimangaraja Jakarta selatan.
​​​​​​
Sebelumnya, pihak DKM Al-Azhar menginformasikan bahwa yang akan menjadi khotib adalah mantan Menteri agama, yakni Lukman Hakim dan yang akan memimpin Imam Shalat Idul Adha  yaitu Agus Nurqowim.
 
Adapun tema yang akan diangkat pada tahun ini adalah “Memanusiakan Manusia serta Menjaga Kemaslahatan dan Kesepakatan Bersama” yang nantinya akan dibawakan dalam menggunakan Bahasa Arab.

Baca juga: Masjid Al-Azhar Jakarta ingatkan jamaah shalat Idul Fitri taat prokes

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022