luas areal yang terbakar di Rokan Hilir sejauh ini telah mencapai 85 hektare
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal mengatakan tim gabungan terdiri atas BPBD, TNI-Polri, Manggala Agni, melakukan pemadaman lanjutan terhadap lahan yang terbakar di tiga titik di Rokan Hilir, Riau.

"Ketiga titik terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla itu di wilayah Rokan Hilir pada saat ini yaitu di Labuhan Tangga Besar satu titik, di Teluk Nilap satu titik dan di Raja Bejamu satu titik," kata Edy Afrizal di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan untuk luas area kebakaran yang cukup besar terjadi di titik daerah Labuhan Tangga Besar Kecamatan Bangko.

Baca juga: Helikopter dikerahkan untuk padamkan kebakaran lahan di Riau

Baca juga: Penelitian: Nilai kerugian kebakaran gambut Rp269 juta per hektare


Di daerah ini, katanya, yang agak besar tapi dilihat dari foto udara sudah agak kondusif, diharapkan dalam beberapa hari ke depan bisa dituntaskan.

"Untuk luas areal yang terbakar di Rokan Hilir sejauh ini telah mencapai 85 hektare, pihaknya menargetkan upaya pemadaman dapat berjalan dengan optimal bersama dengan berbagai pihak yang turut berjibaku melakukan pemadaman di lapangan," katanya.

Sedangkan upaya pemadaman yang dilakukan, katanya lagi, selain dilakukan tim darat juga dilakukan oleh tim satgas udara menggunakan helikopter pembom air.

Baca juga: BMKG: Sebagian besar wilayah NTT berstatus sangat mudah karhutla

Baca juga: 67 persen wilayah Sumsel masuk kerawanan tinggi karhutla




 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022