Jakarta (ANTARA) - PT Bank JTrust Indonesia Tbk (J Trust Bank) melanjutkan aksi Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau rights issue Tahap II untuk meraih target pembiayaan sebesar Rp1,27 triliun.

Dalam rights issue tahap II ini, Bank telah menerbitkan saham sebanyak-banyaknya 4.242.714.624 saham Seri C dengan nilai nominal Rp100 per lembar saham.

"Hal ini merupakan komitmen pemegang saham pengendali J Trust Bank yaitu J Trust Co., Ltd, untuk memperkuat struktur permodalan guna merealisasikan rencana strategis Bank dan ekspansi bisnis ke sejumlah sektor usaha yang menjanjikan," kata Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai dalam pernyataan di Jakarta, Kamis.

Pemegang saham utama perseroan yakni J Trust Co., Ltd., Jepang, dan kelompok usahanya yakni J Trust Asia Pte. Ltd., Singapura dan PT JTrust Investments Indonesia telah menyatakan komitmen HMETD dengan mengkonversi dana yang telah diterima oleh Perseroan dan dicatat sebagai Komponen Ekuitas Lainnya seluruhnya, senilai Rp1,19 triliun dalam PMHMETD Tahap II ini.

Sementara itu, Bank juga terus menyalurkan pinjaman secara prudent, salah satunya melalui produk kredit kepemilikan rumah (KPR) dengan bunga dan tenor pinjaman yang kompetitif. Inisiatif bisnis ini didorong oleh tren tingginya minat masyarakat pada kepemilikan rumah tapak.

Bangkitnya sektor properti dimanfaatkan oleh J Trust Bank untuk menjalin kerja sama dengan beberapa pengembang perumahan di beberapa wilayah di Indonesia yang dinilai memiliki nilai investasi tinggi dan menguntungkan di masa yang akan datang.

Hingga akhir Mei 2022, Bank membukukan keuntungan dengan kredit tercatat tumbuh (year to date) sebesar 38 persen menjadi Rp13,82 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp10,01 triliun per Desember 2021.

Sedangkan pada sisi simpanan melalui instrumen tabungan, giro, dan deposito J Trust Bank menghimpun DPK sebesar Rp19,13 triliun atau tumbuh 20 persen, dari sebelumnya sebesar Rp15,95 triliun pada akhir Desember 2021.

Saat ini, J Trust Bank memiliki rasio kecukupan likuditas sebesar 161,30 persen atau berada di atas ketentuan minimum yang ditetapkan oleh regulator.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022