Jakarta (ANTARA) -
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) akan melaksanakan pameran bertajuk Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 yang digelar selama 3 hari di JCC, Senayan Jakarta, 20-22 Juli 2022.
 
"AOE 2022 ini merupakan hajatan tahunan dan ini adalah tempatnya atau sarana daripada pemerintah-pemerintah kabupaten untuk mempromosikan berbagai potensi-potensi keunggulan mereka," kata Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang saat ditemui dalam konferensi pers persiapan AOE 2022 di Jakarta, Selasa.
 
Sarman juga menyebut tujuan AOE setiap tahun adalah sebagai ajang pemerintah kabupaten untuk mempublikasikan potensi-potensi daerah seperti komoditi pertanian, kehutanan, perikanan, holtikultura maupun peluang-peluang investasi dan pariwisata.
 
"Kami di Apkasi melihat dan memiliki tanggungjawab moral untuk terus menjaga dan mendorong agar momentum pemulihan perekonomian nasional terus membaik," kata Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan dalam keterangan rilis yang ditulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: LKPP dorong Apkasi pacu belanja produk dalam negeri
 
Melalui pameran AOE 2022 dengan tema “Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global” ini, lanjut Sutan Riska, diharapkan akan terus terjadi peningkatan transaksi perdagangan di berbagai komoditi unggulan yang dimiliki daerah kabupaten dan juga semakin kuat arus investasi yang mengalir ke kabupaten di berbagai sektor.

Jumlah stand yang akan dipamerkan di AOE 2022 berjumlah sekitar 245 stand yang terdiri dari 122 Pemkab, 4 Kementerian dan BUMN, serta perusahaan swasta nasional dan UMKM.
 
Salah satu rangkaian kegiatan AOE 2022 adalah Executive Dialogue dengan tema "Peluang, Peran dan Harapan Pemerintah Daerah Terhadap KTT G20".
 
Di mana para bupati se-Indonesia diajak untuk berdiskusi tentang peran dan apa yang akan Pemerintah kabupaten dapatkan selama KTT G20.

Baca juga: Pemkab Bogor tetapkan tiga pemenang Grand Final Putri Otonomi Daerah

Baca juga: Apkasi gelar Anugerah Jurnalistik 2022

Pewarta: Yana Sandwidya
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022