Madiun (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi konsep "urban tourism" atau wisata kota di Kota Madiun, Jawa Timur yang dikembangkan oleh Wali Kota Madiun Maidi guna menjadikan daerah setempat sebagai tujuan wisata.

"Saya sangat takjub dan terkagum-kagum bahwa ada "Singapura" di tengah-tengah Kota Madiun. Ini adalah bagian dari urban tourism yang memang juga kami dorong untuk dikembangkan," ujar Sandiaga Uno saat berkunjung di Kota Madiun, Rabu malam.

Menurut dia, pengembangan urban tourism di Kota Madiun sangat pas mengingat daerah tersebut tidak memiliki objek wisata alam.

Upaya pemerintah kota setempat menghadirkan daya tarik-daya tarik baru seperti miniatur patung Merlion Singapura, miniatur Kabah Mekkah, dan miniatur ikon dunia lainnya dinilai mampu memikat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung.

"Ini memiliki daya tarik tersendiri, apalagi didukung dengan penataan yang sangat baik, rapi, dan apik. Dan yang paling menarik adalah penggabungan ke depan konsep koridor bawah tanah yang menyambungkan koridor Singapura dengan Ka'bah, Mekah , Madinah dan juga lainnya yang nantinya disambungkan dengan beberapa produk ekonomi kreatif.

Sehingga harapannya daya tarik dari wisata perkotaan ini akan semakin dikembangkan," katanya.

Baca juga: Sandiaga lantik 60 pejabat Kemenparekraf

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mengaku sangat menikmati berkunjung di Kota Madiun. Pembangunan pesat yang dilakukan Pemkot Madiun di bawah kepemimpinan Wali Kota Maidi dinilai cukup berhasil hingga mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi tahun 2021 yang mencapai 4,73 persen atau tumbuh 7 persen dari tahun 2020 yang tercatat minus 3,39 persen.

"Saya terus terang "enjoy" banget. Tadi keliling-keliling kota pakai Mabour atau "Madiun Bus on Tour". Selain itu juga mengunjungi spot-spot instagramable. Harapannya ini semua bisa terus dikembangkan untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja," katanya.

Wali Kota Madiun Maidi mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno di Kota Madiun. Hal tersebut menjadikan penyemangat bagi jajaran Pemkot Madiun untuk terus berbenah mewujudkan Kota Madiun lebih baik.

"Saya bersama jajaran Pemkot Madiun berterima kasih atas kunjungan Pak Menparekraf. Ini menjadi penyemangat kami untuk lebih bekerja keras dalam membangun Kota Madiun dan Insya Allah apa yang disampaikan Pak Menteri akan kami tindak lanjuti," kata Wali Kota Maidi.

Baca juga: Ajang balap sepeda Madiun Lawu Challenge jadi agenda rutin tahunan

Selama di Kota Madiun, Menparekraf Sandiaga Uno bersama rombongan berkunjung di Balai Kota Madiun yang dilanjutkan meninjau miniatur patung Merlion Singapura di Taman Sumber Wangi dan miniatur Kabah Mekkah di Taman Sumber Umis.

Kemudian Menteri Sandiaga Uno juga berkunjung ke Taman Wisata dan Edukasi Ngrowo Bening untuk mencicipi madu lebah klanceng hasil budi daya Pemkot Madiun yang melibatkan warga.

Sebelum ke Kota Madiun, Menparekraf Sandiaga Uno terlebih dulu melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Ngawi guna meninjau bangunan wisata heritage Benteng Pendem setempat.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022