Solo (ANTARA) - Perolehan medali emas kontingen para panahan Indonesia di ASEAN Para Games 2022 melampaui target berkat permainan gemilang para atlet dalam babak final sesi siang di Lapangan Kota Barat Solo, Rabu.

Hingga Rabu, para pemanah Indonesia sudah mengumpulkan tiga emas, dua perak, dan dua perunggu.

Pelatih Kepala Timnas Indonesia Cabang Olahraga Para Panahan, Tri Sugeng Purwanto, mengatakan para pemain Indonesia bermain dengan percaya diri.

"Kemarin mereka juga lama pelatnas tapi nggak ada pertandingan, jadi kayaknya dendam banget hari ini. Besok masih ada satu lagi, mudah-mudahan berharap (bisa emas). Kemungkinan fifty-fifty, tapi ini capaiannya sudah luar biasa," katanya.

Dalam babak final Rabu, ganda putri Mahda Aulia dan Wahyu Retno Wulandari meraih medali emas seusai mengalahkan pasangan Thailand Phattharaphon Pattawaeo dan Tpat Chatyotsakorn pada nomor recurve women open doubles dengan skor 34-32, 32-25, 27-19.

Selanjutnya, pasangan Setiawan dan Kholidin juga mampu meraih emas pada nomor recurve men open dooubles seusai mengalahkan pasangan asal Thailand Hanreuchai Netsiri dan Pornchai Phimthong dengan skor 33-33, 37-30, 36-33.

Sebelumnya, pada pertandingan sesi pertama Setiawan berhasil menyumbangkan medali emas pertama untuk nomor recurve men's single. Setiawan  pada final tersebut melawan atlet asal Thailand Hanreuchai Netsiri meraih kemenangan dengan skor 27-25, 25-27, 28-27, 28-27.

Terkait hasil tersebut, salah satu atlet Kholidin mengaku senang bisa meraih emas mengingat lawan yang mereka hadapi cukup berat.

"Karena pemain Thailand sudah ikut event di beberapa paralimpic, jadi sudah kelas dunia. Kami baru kali ini ketemu dengan Thailand, sebetulnya bukan sebanding tapi kami yakin Indonesia bisa," katanya.

"Untuk besok compound masih main di final lagi, ada juga pertandingan (perebutan) perunggu tiga lagi. Mudah-mudahan melampaui batas," katanya.

Atas hasil tersebut, ia menargetkan ke depan bisa bertanding di Asian Para Games dan Paralimpik.


Baca juga: Kontingen berbagai negara puji kinerja dan fasilitas para panahan
Baca juga: Setiawan sumbang medali emas pertama dari cabang para panahan
Baca juga: Pemanah bertangan satu Kholidin optimistis mampu raih emas


Pewarta: Aris Wasita
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022