Jakarta (ANTARA) - vivo Indonesia secara perdana membawa seri T ke Tanah Air dengan memperkenalkan vivo T1 Pro 5G dan vivo T1 5G.

ANTARA berkesempatan langsung menjajal salah satu produk unggulan dari seri T tersebut yaitu vivo T1 Pro 5G.

Ponsel ini diklaim oleh vivo sebagai ponsel kelas menengah terbaik di pasar ponsel pintar Indonesia karena mampu menjawab semua kebutuhan mulai dari produktivitas hingga akses hiburan.

Apakah klaim tersebut terbukti benar? Berikut ulasannya.

Desain

Ada dua warna yang ditawarkan oleh vivo untuk T1 Pro 5G yaitu Turbo Black dan Turbo Cyan.

Untuk pengulasan kali ini, ANTARA mendapatkan varian Turbo Cyan yang desainnya terasa mewah.

Baca juga: vivo T1 series 5G resmi meluncur di Indonesia

Baca juga: Vivo bersiap hadirkan T series di pasar nusantara

Tekstur "doff" membuat kesan mewah semakin kuat terasa seperti memiliki ponsel kelas atas yang akhir-akhir ini mengusung bagian bodi belakang dengan tekstur doff.

Desain kameranya pun terasa unik karena tampilan bulat yang membuatnya terlihat semakin necis.

Memasuki desain bagian layar depannya, ponsel ini masih menggunakan tampilan "waterdrop" yang menjadi ciri khas ponsel kelas menengah untuk menaruh kamera swafotonya.
Tampilan depan vivo T1 Pro 5G. (ANTARA/Livia Kristianti)


Meski demikian hal tersebut tidak mengganggu performanya karena ponsel ini ini memiliki panel layar AMOLED HDR10+ berukuran 6,4 inci yang menampilkan tampilan cerah dan enak untuk digunakan dalam periode waktu yang cukup panjang dengan tingkat kecerahan 1300 nits.

Tampilan untuk sisi samping dari vivo T1 Pro 5G ini terbilang ramping dan "clean" hal ini mungkin juga karena dihilangkannya audio jack 3,5 mm yang biasanya ditemukan untuk akses headphone.

Meski demikian jika anda tertarik membeli ponsel ini, maka anda tak perlu kuatir karena vivo menyediakan audio adapter Type C to Audio Jack dalam pembelian produk ini.

Anda bisa menemukan tempat SIM yang mampu menampung dua SIM berukuran nano bersanding bersama dengan sambungan USB Type C dan speaker.

Dari segi kenyamanan penggunaan, ponsel ini terbilang cukup ringan dan nyaman untuk digenggam oleh tangan dengan berat 180 gram cocok untuk pemakaian sehari-hari.

Performa
 
Tampilan lebih dekat untuk kamera milik vivo T1 Pro 5G. (ANTARA/Livia Kristianti)


vivo T1 Pro 5G memiliki dapur pacu terbaik untuk kelas menengah yaitu menggunakan chipset besutan Snapdragon 778 5G.

Dari segi RAM pengguna akan terpuaskan dengan RAM berukuran besar yaitu 8GB dan bisa diperbesar kapasitasnya 4GB lagi dengan mengambil ruang memori internal, sementara untuk ROM-nya vivo menyematkan memori sebesar 128 GB.

Sayangnya untuk memori, nampaknya pengguna harus memiliki ruang penyimpanan virtual berupa layanan "cloud" karena jika kegiatan produktivitas anda memakan memori cukup besar sayangnya ponsel ini tidak bisa ditambah dengan memori eksternal tambahan.

Baca juga: vivo X80 series resmi rilis di Tanah Air isi pasar ponsel kelas atas

Mengulas sistem operasi, ponsel ini menggunakan FunTouch 12 besutan vivo yang didasari sistem operasi Android 12 tentunya membuat aktivitas menjadi lebih mudah dan praktis karena merupakan sistem yang tergolong paling baru saat ini.

Dari segi konektivitas terbaru yaitu 5G, ponsel ini memiliki performa yang baik ketika bekerja menggunakan jaringan termutakhir itu.

Terlihat ketika mengunduh gim dengan file-file besar seperti Mobile Legend Bang Bang berukuran 150 MB sangatlah cepat tidak sampai satu menit, lalu untuk mengunduh gim Asphalt 9 berukuran 2,95 GB pengguna tidak perlu menunggu lama karena hanya memakan waktu sepuluh menit.

Tentunya ini keunggulan yang dimiliki vivo T1 Pro 5G jika dibanding ponsel kelas menengah yang masih mengandalkan konektivitas 4G.

Memasuki fitur-fitur untuk mendukung produktivitas seperti notes dan recorder, ponsel ini bisa dibilang sangat bisa diandalkan.

Saat menggunakan notes, pengetikan dapat dilakukan dengan maksimal tanpa tertunda atau terjeda sehingga untuk orang yang kerap mengetik tugas di ponselnya dapat leluasa menggunakannya.

Sedangkan untuk fitur recorder, suara yang ditangkap oleh ponsel ini cukup jernih dan jelas.

Ketika mendengarkan ulang hasil rekaman suara, anda bisa memanfaatkan fitur mempercepat hingga 2 kali lebih cepat serta melambatkan sebanyak 0.5 kali.

Keunggulan lainnya yang diklaim oleh vivo untuk vivo T1 Pro 5G adalah performa bermain gim yang mumpuni.

Ketika digunakan untuk memainkan gim Mobile Legend Bang Bang dan Asphalt 9 yang membutuhkan kemampuan grafis mumpuni, ponsel ini memberikan performa yang memuaskan.

Selama durasi penggunaan hampir dua jam, tidak ada grafis yang patah dan ponsel tetap dingin menandakan sistem "turbo cooling" menggunakan teknologi Vapor Chamber yang disematkan vivo bekerja dengan optimal.

Hanya saja memang perlu diakui audio yang dihasilkan saat bermain gim memang terasa kurang, akan tetapi dengan suguhan grafis dan kontrol yang baik tentunya itu tidak menjadi masalah.

Ponsel ini didukung dengan daya baterai yang besar yaitu 4700 mAh dengan pengisian cepat FlashCharge 66W.

Baca juga: vivo Y30 5G dirilis diam-diam di Thailand

Cukup menarik karena penulis sebelumnya tidak memiliki ponsel dengan baterai di atas 4500 mAh yang memakan waktu pengisian lebih dari satu jam untuk mencapai 100 persen.

Ketika mengulas vivo T1 Pro 5G rupanya pengisian daya super cepatnya juga memuaskan karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi dayanya 100 persen dari kondisi baterai 10 persen.

Sedikit disayangkan untuk akses headphone dengan audio jack 3.5 mm, saat menggunakan ponsel ini untuk mendengarkan lagu dan dalam kondisi tengah melakukan perjalanan audio yang didengarkan bisa terganggu apabila adapter terlalu banyak mengalami guncangan.

Meski demikian anda bisa menyiasatinya dengan mendengarkan lagu atau audio menggunakan True Wireless Stereo (TWS) sehingga tidak memerlukan sambungan kabel.

Kamera

Membahas kamera untuk ponsel vivo T1 Pro 5G secara garis besar bisa disimpulkan memuaskan untuk penulis.

Adapun fitur-fitur visual yang diberikan vivo dalam T1 Pro 5G ialah mode Night, Portrait, Photo, Video, Panoramic, Live Photo, Slow Motion, Time-Lapse, Pro mode, Stiker AR, Dokumen, Dual View Video, Ultra Stable Video, 4K Video Recording.

Memasuki spesifikasinya untuk kamera belakang vivo menyematkan kamera utama sebesar 64 MP dan dilengkapi dengan kamera 8 MP untuk ultrawide serta 2 MP untuk makro.

Pada saat memanfaatkan fitur kamera belakang, vivo T1 Pro 5G memiliki kapasitas zoom hingga 10 kali lipat.

Namun demikian berdasarkan pengalaman penggunaan selama lebih dari satu bulan, adapun fungsi zoom maksimal dan ideal untuk pengambilan foto menggunakan ponsel ini berada di skala 2.0.
Gambar yang dihasilkan memanfaatkan fitur kamera utama vivo T1 Pro 5G di luar ruangan memanfaatkan pencahayaan sinar matahari. (ANTARA/Livia Kristianti)


Untuk penggunaan zoom di skala 5.0, kamera belakang dari ponsel ini terbilang masih cukup baik namun sedikit kabur sehingga membutuhkan bantuan tripod untuk memastikan hasil jepretan anda tidak kabur.

Hasil jepretan untuk mode "Panoramic" terasa biasa saja namun tidak terlalu istimewa, tapi dapat dipastikan fungsi ini dapat berfungsi dengan baik.
Gambar yang dihasilkan memanfaatkan mode "Panoramic" dari vivo T1 Pro 5G di luar ruangan memanfaatkan pencahayaan sinar matahari. (ANTARA/Livia Kristianti)


Untuk hasil jepretan di malam hari menggunakan "Night Mode" terbilang memuaskan karena hasil gambar menjadi lebih cerah dan objek-objek yang diinginkan di dalam gambar tertangkap dengan baik.

Adapun pada "Night Mode" ini, vivo memungkinkan hasil yang lebih cerah untuk hasil akhir dari pemotretan di kondisi gelap.
Hasil gambar menggunakan fitur "Night mode" dari vivo T1 Pro 5G. (ANTARA/Livia Kristianti)


Fitur menarik lainnya dari ponsel ini adalah fitur "edit" yang memudahkan tidak hanya untuk mempercantik foto tapi juga memudahkan penyuntingan video.

Salah satu bagian fitur "Edit" yang menjadi juara bagi penulis adalah "Erase" karena pengguna bisa menghapus objek yang tidak diinginkan dalam fotonya.
Kolase gambar "Before" (atas) dan "After" (bawah) dari vivo T1 Pro 5G memanfaatkan fitur "Erase" menghapus objek yang tidak diinginkan di dalam foto. (ANTARA/Livia Kristianti)


Dengan penggunaan fitur yang tepat maka hasil foto dan objek yang anda inginkan bisa tetap terlihat sesuai dengan keinginan tanpa perlu melakukan penyuntingan menggunakan banyak aplikasi.

Membahas fungsi kamera swafoto, ponsel ini menawarkan satu kamera berukuran 16 MP namun memiliki banyak fitur menarik seperti fitur stiker AR hingga berbagai panduan untuk mendapatkan foto bergaya khususnya saat mengaktifkan mode "Portrait".
Hasil gambar menggunakan kamera swafoto besutan vivo T1 Pro 5G. (ANTARA/Livia Kristianti)


Hasilnya tak perlu diragukan berkat kepintaran AI, foto untuk swafoto anda akan terlihat sangat cantik dengan warna yang terbilang vibrant terutama untuk penggunaan di luar ruangan dengan pencahayaan sinar matahari alami.

Kesimpulan

Nampaknya klaim yang disematkan vivo untuk produk T1 Pro 5G tidak berlebihan.

Seluruh fiturnya baik untuk menunjang produktivitas bekerja atau belajar hingga menyediakan sarana hiburan berfungsi dengan baik dan optimal.

Bagi anda yang ingin memiliki ponsel 5G dari kelas menengah, vivo T1 Pro 5G akan tepat menjadi pilihan anda.

Meski ada beberapa kekurangan, namun anda bisa mentolerirnya dengan kelebihan yang disematkan oleh vivo dari ponsel yang resmi rilis di Mei 2022 itu.

Ponsel ini bisa dibeli secara langsung di gerai vivo atau secara daring melalui kanal-kanal resmi vivo dengan harga Rp4.499.000.

Baca juga: vivo Y30 5G akan dirilis di India

Baca juga: vivo X80 series akan masuk Indonesia dengan fitur sinematik unggulan

Baca juga: Vivo mungkin luncurkan T2 series dalam waktu dekat

Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022