jaga kekompakan tim dan regu untuk mengharumkan nama provinsi serta bangun persahabatan dengan kontingen lain
Manokwari (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw meminta Kontingen Jambore Nasional (Jambernas) XI Tahun 2022 Papua Barat meningkatkan ilmu dan menjaga nama baik kwartir daerah (kwarda) di ajang yang akan berlangsung di Jakarta.
 
"Adik-adik harus semangat, jaga kekompakan tim dan regu untuk mengharumkan nama pribadi, keluarga dan provinsi serta bangun persahabatan dengan kontingen lain," ujar Waterpauw saat melepas Kontingen Pramuka Papua Barat ke Jambernas 2022 di Sorong, Sabtu.
 
Waterpauw menilai peningkatan ilmu dapat menjadikan Kontingen Papua Barat menjadi generasi tangguh yang mengemban cita-cita dan perjuangan bangsa.

Baca juga: Wawali Denpasar lepas peserta Jambore Nasional 2022

Jambernas XI Tahun 2022 yang rencananya digelar di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, pada 14-21 Agustus 2022.

Jambernas, tambah dia, merupakan kegiatan pembinaan dan pendidikan anak bangsa yang penting untuk diikuti. Rasa kebanggaan yang ber-Bhinneka disebutnya dapat terwujud serta akan membentuk manusia yang beriman dan berjiwa Pancasila.
 
"Jambernas merupakan wadah pembinaan yang dipercaya pemerintah dan kesempatan untuk mengikutinya tidak datang dua kali," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Kwarcab Pramuka Kota Jayapura kirim 16 peserta ke Jambore Nasional XI
 
Ketua Kwarda Pramuka Papua Barat Mohamad Lakotani menyebut ada 208 peserta dan 26 pembina yang berasal dari 13 Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Provinsi Papua Barat yang akan mengikuti Jambernas XI.
 
"Kami berharap Kontingen Papua Barat dapat membina tali persaudaraan dalam upaya membangun jati diri bangsa serta meningkatkan kekuatan mental, fisik, pengetahuan, kepemimpinan dan kepercayaan diri serta mengembangkan rasa kepedulian Pramuka dalam membantu penanggulangan COVID-19," ungkap Lakotani.

Baca juga: Akibat miras, pasien kecelakaan banyak ditangani RSUD Manokwari

Baca juga: Papua Barat kirim dua utusan Paskibraka Nasional

Pewarta: Rachmat Julaini
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022