London (ANTARA) - Bank sentral Inggris (BoE) mungkin harus menaikkan suku bunga lebih jauh dari level tertinggi 14 tahun saat ini untuk mengatasi tekanan inflasi yang mendapatkan pijakan dalam ekonomi Inggris, kata Deputi Gubernur BoE Dave Ramsden pada Selasa.

Penyebaran inflasi sekarang muncul dalam kenaikan gaji Inggris dan rencana penetapan harga perusahaan, yang awalnya dipicu oleh pembukaan kembali ekonomi dunia dari penguncian COVID-19 dan kemudian oleh invasi Rusia ke Ukraina, Ramsden mengatakan kepada Reuters.

Inflasi diperkirakan akan kembali ke target 2,0 persen BoE - turun dari di atas 9,0 persen sekarang dan proyeksi puncak 13 persen pada Oktober - karena ekonomi memasuki resesi dan biaya pinjaman meningkat.

Tetapi ada juga risiko berkembangnya mentalitas inflasi, kata Ramsden.

"Bagi saya pribadi, saya pikir kemungkinan besar kita harus menaikkan Bank Rate (suku bunga acuan) lebih lanjut. Tapi saya belum mencapai keputusan tegas tentang itu," kata Ramsden dalam sebuah wawancara.

"Saya akan melihat indikatornya, melihat buktinya saat kita mendekati setiap pertemuan mendatang."

BoE pekan lalu menaikkan biaya pinjaman paling banyak sejak 1995 karena menaikkan Bank Rate menjadi 1,75 persen dari 1,25 persen, kenaikan keenam sejak Desember, menambah disposable income dua tahun terbesar yang dialami rumah tangga setidaknya sejak 1960-an.

"Kami tahu bahwa apa yang kami lakukan adalah menambah lingkungan yang sudah sangat menantang," kata Ramsden. "Tetapi penilaian kami adalah kami perlu bertindak tegas untuk memastikan bahwa inflasi tidak menjadi tertanam."

Ramsden, mantan pejabat senior di kementerian keuangan Inggris yang bergabung dengan BoE pada 2017, mengatakan penurunan ekspektasi inflasi di pasar keuangan cukup menggembirakan, seperti juga tanda-tanda bahwa rumah tangga dan perusahaan berpikir bank sentral akan mengatasi masalah tersebut.

Ditanya apakah Bank Rate hampir mencapai puncaknya, Ramsden mengatakan bahwa selama setahun terakhir BoE harus berurusan dengan berakhirnya pembatasan COVID-19 yang memukul ekonomi Inggris dan perang Rusia-Ukraina yang mendorong inflasi ke level tertinggi 40 tahun.

"Kami berada dalam periode luar biasa di mana banyak yang berubah. Jadi saya tidak ingin membuat prediksi tentang di mana Bank Rate akan berakhir," kata Ramsden.

"Saya kira satu hal yang akan saya katakan adalah saya pikir ekspektasi inflasi tetap berlabuh dan itu sangat penting."

Selain menaikkan suku bunga, BoE berencana untuk memindahkan ekonomi Inggris dari program stimulus besar-besaran dengan mulai menjual obligasi pemerintah - sebuah proses yang dikenal sebagai pengetatan kuantitatif (QT) - segera bulan depan.

Ditanya apakah BoE akan terus menjual obligasi jika perlu pergi ke arah yang berlawanan dan memotong suku bunga untuk mendukung perekonomian - sesuatu yang investor harapkan terjadi tahun depan - Ramsden mengatakan itu adalah skenario yang mungkin.

"Saya tentu tidak mengesampingkan situasi di mana ketika kita melihat risiko ekonomi, setelah menaikkan Bank Rate, pada titik tertentu kita harus mulai menurunkannya dengan cukup cepat," katanya. "Saya bisa membayangkan situasi, ya, di mana kita akan melanjutkan ... dengan kecepatan QT di latar belakang."

Efek pengetatan dari penjualan obligasi BoE kemungkinan besar "pada margin," kata Ramsden.

Ramsden juga menolak kritik terhadap catatan inflasi BoE oleh Liz Truss, kandidat terdepan untuk menjadi perdana menteri Inggris berikutnya, dan para pendukungnya yang beberapa di antaranya telah menyarankan BoE harus memiliki independensi yang lebih sedikit.

Meskipun ada kasus untuk belajar dari pengalaman bank sentral lain di seluruh dunia - sesuatu yang diusulkan Truss - akan ada risiko dalam upaya apa pun untuk memberi politisi lebih banyak suara tentang cara menetapkan suku bunga.

"Saya pikir sangat masuk akal untuk melihat pengalaman internasional ... dan melihat bagaimana cara kerjanya," kata Ramsden. "Itu sangat berbeda ... dari kembali dan meninjau kembali independensi itu sendiri."

Baca juga: Bank sentral Inggris naikkan suku bunga acuan menjadi 1,75 persen

Baca juga: Pound sterling diperdagangkan sedikit menguat jelang keputusan BOE

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022