Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta gencar melaksanakan secara gencar gerakan pembagian bendera Merah Putih kepada masyarakat luas menjelang peringatan HUT RI tahun ini.

"Kami terus gencar melakukan gerakan pembagian bendera Merah Putih untuk mendukung Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih menjelang HUT Ke-77 RI," kata Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman Hery Sutopo di sela kegiatan pendampingan Kelurahan Berkarakter Pancasila di Kelurahan Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Rabu.

Dalam kegiatan tersebut, Kesbangpol Sleman juga membagikan bendera Merah Putih kepada para kepala dusun dan tokoh masyarakat Kelurahan Purwobinangun yang hadir untuk dipasang di lingkungan masing-masing sehingga terwujud kemeriahan peringatan HUT RI yang kali ini sebagai tahun ke-77.

"Tidak hanya dalam kegiatan ini, sejumlah staf di Badan Kesbangpol Sleman juga melakukan sidak (inspeksi mendadak) terhadap rumah-rumah warga dan tempat usaha yang belum mengibarkan bendera diberikan edukasi sekaligus dibagikan gratis bendera Merah Putih," katanya.

Pembagian bendera ini sebagai tindak lanjut Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 003.1/4397/SJ tertanggal 29 Juli 2022 perihal Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI melalui "Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih".

Baca juga: Kota Kediri bagikan bendera Merah Putih ke warga

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo juga berkesempatan membagikan bendera Merah Putih kepada para penyuluh KB di 17 kapanewon (kecamatan) di kabupaten itu bersamaan dengan peluncuran program Dapur Sehat Atasi Stunting di Pendopo Parasamya Kantor Bupati Sleman, Selasa (9/8).

Kustini Sri Purnomo berharap, penyuluh KB dapat membagikan bendera yang diberikan pemkab kepada masyarakat.

"Ini bertujuan untuk menyemarakkan HUT Ke-77 RI dan membangkitkan semangat kebangsaan dan meningkatkan rasa cinta Tanah Air Indonesia," katanya.

Pada Selasa (9/8) malam, dalam acara Seminar Pengendalian Keamanan Lingkungan dengan tema "Merajut Kebhinekaan untuk Mewujudkan Sleman Rumah Bersama yang Harmonis" di Rumah Dinas Bupati Sleman, juga dilaksanakan pembagian bendera Merah Putih kepada peserta seminar.

Pada seminar yang dihadiri Ketua Forum Pembauran Kebangsaan dan perwakilan mahasiswa tersebut, Bupati Kustini juga membagikan bendera Merah Putih kepada perwakilan penghuni asrama mahasiswa di wilayah setempat guna mendukung semarak peringatan HUT Ke-77 RI di daerah setempat.

Baca juga: Banda Aceh mulai gerakan 10 juta bendera dari rumah duafa
Baca juga: Bappeda Temanggung pasang bendera Merah Putih sepanjang 77 meter
Baca juga: Pemkot Surabaya bagikan 13.884 bendera merah putih di HUT ke-77 RI

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022