Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dirinya mengenakan pakaian adat Bali saat Upacara Peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, sebagai tanda dukungan terhadap pagelaran Konferensi Tingkat Tinggi G20, November 2022 di Bali.

"Baju adat Bali, istri saya yang inisiasi dia bilang karena nanti mau G20, kita pakai baju Bali saja," ungkap Menko Luhut sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Rabu.

Indonesia pada tahun ini menjadi Presidensi G20, sebuah forum 19 negara dan satu Uni Eropa yang secara keseluruhan menyumbang 85 persen perekonomian dunia. Pada November 2022, Presiden Joko Widodo akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan puncak yang dihadiri para kepala negara anggota G20.

Terkait peringatan HUT ke-77 RI ini, Luhut berharap Indonesia semakin hebat. Indonesia sudah berhasil menyelesaikan masalah kompleks seperti pandemi COVID-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi.

Baca juga: Luhut : Waktu tempuh Jakarta-Tanjung Lesung kini dua jam

"Kita berharap Indonesia tambah hebat, karena kita sudah buktikan Indonesia itu bangsa yang besar, bangsa yang bisa menyelesaikan masalah yang kompleks seperti COVID-19, dan sekarang juga ekonomi kita kita doakan supaya semua bisa bertambah dengan baik dengan leadership Presiden Joko Widodo," kata Luhut.

Dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, seluruh pejabat negara mengenakan pakaian adat.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin misalnya yang memilih mengenakan baju adat dari Provinsi Kalimantan Timur. Budi sengaja memilih baju adat tersebut sebagai persiapan perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

"Ini buat siap-siap jadi kalau nanti pindah ke Kalimantan Timur sudah tahu mesti pakai baju apa," ujarnya.

Sedangkan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Presiden Jokowi mengenakan baju dengan dominasi warna merah dan putih, sedangkan Ibu negara mengenakan pakaian dengan warna biru cerah dan emas dari berbagai daerah di Tanah Air.

Baca juga: Menko Luhut sebut Tol Serang-Panimbang dukung pariwisata Banten

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022