Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) bekerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam memberikan edukasi dan program bantuan peningkatan skala usaha bagi pelaku UMKM.

“Iluni UI dari awal sudah banyak bergerak membantu pemerintah dalam meningkatkan investasi dan ekonomi, mulai dari diskusi Policy Center, hingga usaha yang dilakukan, di antaranya seminar mengenai nomor induk berusaha (NIB) untuk pedagang kantin pada acara Home Coming Day UI,” ujar Ketua Umum Ikatan Alumni UI Andre Rahadian dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Salah satu bentuk kerja sama yang telah dijalankan adalah program pembuatan NIB untuk para pedagang UMKM di UI. Pedagang yang mendaftar, mendapatkan asistensi sehingga bisa langsung membuat di tempat. Setidaknya sekitar 60 pedagang kantin se-UI berpartisipasi dalam kegiatan pembuatan NIB bersama Ikatan Alumni UI.

Melalui program kerja sama yang terjalin, alumni UI berpeluang mendapatkan fasilitasi peningkatan skala usaha, baik melalui matchmaking dengan perusahaan investasi ataupun program kemitraan BKPM.

Baca juga: ILUNI UI minta perguruan tinggi perhatikan aspek kualitas pembelajaran 

Ikatan Alumni UI dan BKPM juga akan berkoordinasi terkait pengajuan dan penerimaan dokumen perizinan berusaha hasil rekomendasi dari Iluni UI sesuai ketentuan yang berlaku di BKPM. BKPM juga berkomitmen untuk menyediakan sarana dan fasilitas penyelesaian hambatan berusaha bagi pelaku UMKM yang menjadi anggota Iluni UI.

“Ini adalah peluang besar bagi alumni yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya, ke depan bersama-sama dengan BKPM, Iluni UI akan mengadakan berbagai kegiatan pelatihan untuk para pelaku UMKM alumni UI melalui seminar, pelatihan, dan FGD,” jelasnya.

Andre juga menyatakan komitmen Iluni UI untuk membantu BKPM, salah satunya dengan memberikan hasil riset untuk pengembangan inovasi kebijakan investasi dari para akademisi alumnus UI.

Perwakilan BPKM Riyatno mengatakan pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai lembaga. Program NIB yang diusahakan oleh BKPM untuk memberikan legalitas bagi para pedagang dalam berusaha.

“Banyak pedagang masih belum mempunyai legalitas. Nah dari kolaborasi ini, diharapkan bisa memberikan akses untuk memperoleh legalitas, sebab kepemilikan legalitas dapat mempermudah pembiayaan bagi para pedagang,” kata dia.

Baca juga: Ketua Iluni UI minta Gerakan Kohesi Kebangsaan dilanjutkan
Baca juga: Peringati Hari Bumi ILUNI UI tanam 5.000 akar wangi di kampus


Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022