Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menghimpun donasi lebih dari Rp1 miliar untuk penyintas gempa Cianjur, Jawa Barat.

"ILUNI UI berhasil menghimpun donasi hingga Rp1, 055 miliar untuk penyintas gempa Cianjur. Bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk sembako, makanan bayi, obat-obatan, dan lainnya, " ujar Ketua Umum ILUNI UI Dr Didit Ratam dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Bantuan tersebut dihimpun di posko ILUNI UI yang berada di Jalan Raya Pacet 9 atau depan MAN 2 Cianjur.

Baca juga: ILUNI UI hadirkan terobosan ekosistem kesehatan digital di Yogyakarta

Dia menjelaskan ILUNI UI bukan sekadar menebar wacana di atas kertas, tetapi juga membuktikan aksi nyata yang manfaatnya langsung dapat dirasakan publik.

"ILUNI UI mulai menyusun fondasi sinergi bersama berbagai pihak guna menghadirkan kebaikan yang berasa dampaknya," katanya.

Komitmen untuk kolaborasi bersama ILUNI fakultas, wilayah, dan chapter, serta almamater Universitas Indonesia itu berbasis semangat gotong royong. ILUNI UI juga terus mempererat dan memperluas kerja sama saling menguntungkan dengan para mitra ILUNI UI melalui strategi pentahelix.

Baca juga: ILUNI UI minta perguruan tinggi perhatikan aspek kualitas pembelajaran

Sejumlah kerja sama dilakukan dengan berbagai pihak, di antaranya satu yang sedang dikerjakan yaitu kerja sama dengan Kemenparekraf.

Selanjutnya lawatan ke ILUNI UI Wilayah Kalimantan Barat dan Nusa Tenggara Barat serta kegiatan mentoring karir yang diikuti oleh 44 alumni.

Dia menjelaskan pandemi COVID-19 yang sempat menghantam dunia, namun tidak menggoyahkan keyakinan ILUNI UI untuk segera bangkit dan memberikan dampak nyata bagi Indonesia.

Didit pun mengajak semua pemangku kepentingan khususnya para pengurus untuk menjadikan ILUNI UI sebagai kanvas besar yang nyaman bagi semua untuk menorehkan ide, partisipasi, dan memaksimalkan potensi semua anggota untuk kebermanfaatan bagi para pengurus ILUNI UI, alumni, almamater, dan Indonesia.

Baca juga: ILUNI UI sebut teknologi kunci wujudkan kohesi kebangsaan

"Visi misi organisasi menjadi asa kita bersama, menjadi panduan dalam kebijakan, dan menjadi arah dalam melangkah. Keyakinan ini akan menjadi bahan bakar yang menyalakan semangat untuk terus berkarya, " kata dia.

Pewarta: Indriani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022