Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) mendeklarasikan "Rumah Politik Sehat untuk Pemilu 2024" untuk menciptakan ruang politik yang mengedepankan asas keadilan dan kebebasan berpendapat dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia, khususnya jelang tahun politik 2024.

"Kami berharap seluruh elemen bangsa menjadi penggerak terbangunnya ruang sosial politik yang sehat, berkeadilan, dan menghargai kebebasan berpendapat. Pemilu 2024 hanya satu babak dari perjalanan bangsa Indonesia yang panjang, di mana kita terus menerus terbukti mampu menjaga kerukunan," kata Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Deklarasi tersebut turut dihadiri oleh pihak penyelenggara dan pengawas Pemilu, timses dari ketiga pasangan capres-cawapres, ILUNI Fakultas dan Wilayah, Jejaring Alumni UI lintas partai politik, para caleg, dan organisasi non-partisan.

Didit mengatakan Ruang Politik Sehat menitikberatkan pada upaya-upaya bersama untuk meningkatkan literasi politik yang mencerdaskan bangsa, yang melindungi keselamatan seluruh bangsa, dan dapat diupayakan oleh siapa saja.

"Demokrasi yang maju membangun ruang yang luas terhadap inklusivitas yang membawa semangat persatuan. Juga upaya pemanfaatan kemajuan teknologi seperti Artificial Intelligence (AI) dan media sosial dapat meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya generasi muda," ujar Didit.

Baca juga: MPR: Alumnus perguruan tinggi harus aktif perkuat persatuan bangsa

Baca juga: ILUNI FIB UI ajak alumni berkontribusi bangun SDM Indonesia


Lebih lanjut Didit menambahkan, dalam menyambut Pemilu 2024, ILUNI UI siap menjadi wadah bersinergi dan berkolaborasi untuk memberikan kontribusi yang berasa dampaknya bagi masyarakat.

"Pintu ILUNI UI selalu terbuka dan siap mendengar pikiran dan gagasan terbaik dari siapapun dalam rangka berkolaborasi meningkatkan kualitas demokrasi dan untuk cita-cita kesejahteraan Indonesia," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Waksekjen ILUNI UI Meggy Tri Buana menambahkan, penggunaan AI diyakini akan meminimalisasi terjadinya misinformasi dan politik adu domba yang kerap terjadi dari satu pemilu ke pemilu lainnya.

"Pengalaman Pemilu lalu harusnya menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak lagi mau dibenturkan dengan segala macam stigma negatif, seperti cebong dan kampret. Salah satu upaya konkrit-nya adalah penggunaan teknologi AI," tutur dia.

Ada lima poin dalam deklarasi Ruang Politik Sehat Bagi Pemilu 2024, yakni:

1. Menjunjung tinggi nilai universalitas dan hak asasi manusia yang melindungi keselamatan segenap bangsa Indonesia.

2. Mengedepankan asas keadilan dan kebebasan berpendapat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara yang maju dengan mengutamakan persatuan.

3. Mendukung pemanfaatan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia.

4. Menolak upaya pelemahan demokrasi berupa; intervensi hukum, segala bentuk kecurangan & praktik politik uang, intimidasi terhadap seluruh elemen masyarakat termasuk pers.

5. Membangun seluas-luasnya inklusifitas dan partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi untuk memperkuat demokrasi di Indonesia.

Selanjutnya, ILUNI UI akan berkolaborasi dan berperan aktif menjadi organisasi pemantau pemilu yang mengupayakan edukasi, advokasi, dan observasi terhadap rangkaian proses demokrasi 2024.

Salah satu yang telah berjalan adalah program edukasi dalam karier politik bertajuk "Political Career Preparation" untuk membekali para Alumni UI yang terlibat sebagai peserta pemilihan anggota legislatif.

ILUNI UI juga akan membangun kanal khusus untuk melaporkan segala bentuk kecurangan, bersama-sama seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan ruang politik yang sehat, agar menghasilkan pemimpin yang bermartabat dan kualitas demokrasi di Indonesia semakin meningkat.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023