Karawang (ANTARA) - Kodim 0604/Kabupaten Karawang di Jawa Barat menggelar latihan teknis territorial dan latihan tempur terintegrasi dengan melibatkan pihak kepolisian dan jajaran pemkab.

"Latihan terintegrasi ini digelar sejak Minggu (28/8) hingga Selasa (3/8)," kata Komandan Kodim 0604/Karawang, Letnan Kolonel Kavaleri Makhdum Habiburrahman, di Karawang, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan inj pertama kali dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak yang ada di wilayah masing-masing.

Baca juga: Personel Kodim 1701/Jayapura tanam bibit bakau di Teluk Youtefa

Menurut dia, pelatihan ini merupakan langkah-langkah peningkatan kompetensi TNI AD dalam menjalankan tugas dan sebagai model kepedulian TNI AD dalam mengimplementasikan sistem pertahanan rakyat semesta.

Ia katakan, keterlibatan unsur terkait, baik pemkab, kepolisian dan seluruh komponen lainnya ialah untuk mewujudkan kerja sama dalam pelaksanaan operasi tempur dan operasi perlawanan wilayah yang disesuaikan dengan potensi di masing-masing wilayah.

Baca juga: TMMD Kodim Talaud laksanakan perintisan jalan dukung ekonomi warga

“Artinya, jika terjadi eskalasi darurat perang, maka seluruh komponen siap melaksanakan perlawanan wilayah," katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, mendukung penuh kegiatan tersebut dengan menerjunkan dinas terkait seperti Dinas Sosial, BPBD dan Satpol PP termasuk camat dan kepala desa.

"Kami dari pemda turut memfasilitasi pelaksanaan acara tersebut. Masyarakat sekitar juga turut terlibat pada latihan simulasi perang," kata dia.

Baca juga: Kodim Jakbar siagakan ratusan personel untuk antisipasi banjir

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022