Manado (ANTARA) - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 1312/Talaud melaksanakan perintisan jalan perkebunan dalam mendukung perekonomian warga.

Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Inf Jhonsons M Sitorus, di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu, mengatakan pembuatan jalan ini berupa pembukaan lahan kebun masyarakat yang kemudian diperkeras dengan timbunan batu.

Baca juga: TNI bantu bangun jalan pertanian dalam TMMD/N Ke-114 di Sumbar

"Jalan ini dibuat salah satunya sebagai penunjang perekonomian masyarakat. Harapannya, jalan ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di Kecamatan Gemeh, Talaud," katanya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan sasaran fisik, prajurit satgas TMMD dibagi menjadi tiga kelompok dalam pengerjaannya, di antaranya ada yang bertugas pembuatan jalan, pembuatan jembatan darurat, dan pembuatan plat duicker.

Baca juga: TMMD buka jalan baru sepanjang 2.000 meter di Nagan Raya Aceh

Menurut dia, pengerjaan pembuatan jalan sudah mencapai 34,5 persen, pembuatan jembatan darurat dua unit mencapai 4 persen, dan pembuatan plat duicker dua unit mencapai 23 persen dari target yang sudah ditentukan.

"Untuk kegiatan merintis pembuatan jalan dari perkebunan warga sudah mencapai 340 meter dalam proses pengerjaan jalan dari jumlah panjang jalan 1.200 meter lebar 8 meter yang ditargetkan," katanya.

Baca juga: TMMD Sengkuyung II selesaikan pembangunan jalan pertanian di Banyumas

Selain sasaran fisik, Satgas TMMD ke-114 Kodim 1312/Talaud juga melaksanakan beberapa sasaran nonfisik dan yang menjadi fokus dalam rangka membentuk karakter bangsa di Desa Gemeh, Kecamatan Gemeh, Talaud.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022