Jakarta (ANTARA/JACX) - Judul video sepanjang 10 menit yang beredar di Facebook, menyatakan tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo berada dalam satu sel dengan Irjen Pol Nepoleon Bonaparte.

Nepoleon Bonaparte adalah jenderal bintang dua polisi yang berstatus sebagai terdakwa kasus penganiayaan terhadap M. Kece di sel Rumah Tahanan Bareskrim.

Selain kabar ditempatkan dalam sel yang sama dengan Nepoleon Bonaparte, Ferdy Sambo kini juga dirumorkan berada dalam kondisi mengenaskan.

Lalu, benarkah Ferdy Sambo satu sel dengan Napoleon Bonaparte?
 
Tangkapan layar video berisi narasi yang menyatakan Ferdy Sambo satu sel dengan Napoleon Bonaparte (Facebook)


Penjelasan:
Narasi penggabungan Ferdy Sambo dengan Napoleon Bonaparte dalam satu sel merupakan hoaks.

Napoleon Bonaparte terpantau masih menjadi tahanan Bareskrim Polri, sedangkan Ferdy Sambo ditahan di Mako Brimob, sebagaimana dilaporkan ANTARA.

Begitu pula narasi kondisi Ferdy Sambo yang dikabarkan mengenaskan. Tidak ada informasi resmi yang mendukung klaim di video Facebook tersebut. 

Video yang sudah dibagikan ulang hingga 1.800 kali di Facebook itu nyatanya berisi rangkuman tanggapan warganet, seandainya Ferdy Sambo dengan Napoleon Bonaparte ditempatkan dalam satu kamar tahanan.

Klaim: Ferdy Sambo satu sel dengan Napoleon Bonaparte
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Rekaman suara pertengkaran Ferdy Sambo dan istrinya di Magelang

Cek fakta: Hoaks! Anak buah Ferdy Sambo serang Mabes Polri

Cek fakta: Hoaks! Percakapan terakhir sebelum penembakan Brigadir J

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022