penting untuk menciptakan penanda yang mudah dimengerti terutama untuk wisatawan yang baru datang dan masih asing terhadap kawasan
Depok (ANTARA) - Tim Pengabdi Masyarakat (Pengmas) Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) menawarkan panduan pengaturan ruang visual untuk menghindari pencemaran visual yang menghalangi wisatawan dalam menikmati pemandangan alam seperti sunrise dan sunset di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

"Kami juga merasa penting untuk menciptakan penanda yang mudah dimengerti terutama untuk wisatawan yang baru datang dan masih asing terhadap kawasan," kata Ketua Tim Pengmas FTUI Ir. Antony Sihombing di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Selasa.

Pengaturan kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat, juga perlu dilengkapi dengan alat yang tepat untuk mengkonversi nilai kawasan terhadap pendapatan daerah dari pariwisata.

Baca juga: Pakar UI: Gencarkan tes kesehatan lagi imbangi perkembangan COVID-19

Untuk itu Departemen Arsitektur FTUI juga akan melengkapi panduan yang dibuat dengan strategi marketing dan branding yang tepat dan mengintegrasikannya dengan slogan “Enchanting Bajo” yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Strategi yang disusun oleh tim Pengmas FTUI meliputi identifikasi target market pariwisata di Kawasan Labuan Bajo, jenis wisata yang diminati, membuat rencana perjalanan yang menarik bagi wisatawan untuk meningkatkan ketertarikan berwisata lebih lama di mainlaind Labuan Bajo, program yang perlu dihelat pada waktu-waktu tertentu serta bagaimana menjaga sustainabilitas sehingga dapat membuat wisatawan ingin kembali lagi ke Labuan Bajo.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan, “Luar biasa apa yang digagas oleh tim Departemen Arsitektur FTUI. Semoga apa yang dicanangkan dan diprogramkan kali ini dapat dilihat hasilnya dalam satu atau dua bulan ke depan dan hasilnya dapat menjadi masukan bagi pengembangan Pariwisata di Kawasan Labuan Bajo”.

Baca juga: Ahli UI: Subvarian COVID-19 semakin tidak menunjukkan kekhasan gejala

Kegiatan Pengmas Depatemen Arsitektur FTUI diselenggarakan sejak bulan Maret dan akan berakhir pada November 2022. Agenda Pengmas merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia setiap tahunnya.

Tahun ini Universitas Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sehingga kegiatan ini diarahkan ke kawasan Labuan Bajo.

Sebelum keberangkatan Tim Pengabdi ke Labuan Bajo, pihak UI dan Pemda telah melaksanakan kegiatan zoom conference untuk mengkoordinasikan kegiatan yang akan dilaksanakan selama di lapangan.

Baca juga: UI pecahkan rekor dunia membatik dan paduan suara terbanyak

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022