Jakarta (ANTARA) — Masih tingginya jumlah angkatan kerja yang belum memiliki skill memadai sesuai bidang yang dibutuhkan, platform kursus online, Arkademi hadir untuk meningkatkan keahlian kerja dan kebutuhan industri akan ketersediaan tenaga kerja terampil.

CEO Arkademi, Hilman Fajrian, menjelaskan, Arkademi memiliki misi untuk menjembatani kebutuhan kerja masyarakat Indonesia dan kebutuhan industri akan tenaga kerja terampil. Menurut laporan Bank Dunia, kebutuhan industri akan tenaga kerja terampil di Indonesia lebih dari 55 juta orang. Sementara angka pengangguran Indonesia masih sebesar 5 juta orang.

“Ini adalah situasi paradoks. Pengangguran masih tinggi namun industri juga kesulitan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan perusahaan,” ujar Hilman.

Dilansir dari @arkademiedu, tersedia ratusan kursus dan pelatihan online bersertifikat dengan harga sangat terjangkau. Melalui Arkademi masyarakat Indonesia bisa mendapatkan layanan kursus dan pelatihan kerja berkualitas tinggi dan relevan sesuai kebutuhan industri secara online melalui website atau mobile app.

Arkademi yang merupakan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) resmi berizin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI menyediakan berbagai kursus dan pelatihan online siap kerja mulai dari sertifikasi bidang perpajakan brevet AB, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), pengelolaan implementasi standar ISO, keuangan, kesekretariatan, teknologi, hingga kewirausahaan. Kursus dan Pelatihan yang disediakan oleh Arkademi dipastikan telah memenuhi standar dan kualitas yang diatur oleh regulasi maupun kebutuhan industri.

Materi pembelajaran di Arkademi dirancang dan disusun secara ketat oleh para ahli pendidikan dibantu oleh kalangan industri, serta diajarkan oleh para instruktur profesional dan tersertifikasi di bidangnya masing-masing. Sehingga, sertifikat penyelesaian kursus dan pelatihan yang didapatkan oleh alumni Arkademi dapat membantu mereka untuk mendapatkan pekerjaan atau karier yang lebih baik.

Untuk menyediakan layanan yang dimaksud, Arkademi merancang dan menyusun setiap materi kursus dan pelatihan bukan saja dengan para ahli pendidikan dan pakar di bidang keahlian tersebut. Tetapi Arkademi juga melibatkan kalangan industri khususnya human resource (HR) dan people development dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia untuk bersama-sama menyusun dan meninjau materi kursus dan pelatihan.

Dengan cara ini, Arkademi memastikan bahwa kursus dan pelatihan di Arkademi telah sesuai dengan keahlian tenaga kerja yang dibutuhkan industri dan telah memenuhi kriteria pendidikan non-formal.

Dengan mengikuti kursus dan pelatihan online siap kerja bersertifikat di Arkademi, ditambahkan Hilman, bukan saja menguntungkan bagi pencari kerja karena telah memiliki keahlian yang pas bagi pemberi kerja atau perusahaan yang dengan itu akan membantu mereka mendapatkan pekerjaan idaman.

“Selaras dengan visi kami menjadi aplikasi kursus online tersertifikasi no 1 di Indonesia, dengan memiliki kandidat yang siap kerja, industri bisa lebih mudah dan cepat dalam mengakuisisi tenaga kerja dan menekan biaya serta waktu dalam proses pelatihan karyawan baru. Kedua pihak, baik pencari kerja maupun perusahaan akan sama-sama diuntungkan,” jelas Hilman.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022