simulasi ini sebagai peningkatan kapasitas untuk kesiapsiagaan hadapi bencana
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Sebanyak 200 warga di Desa Pesaku, Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, antusias mengikuti simulasi evakuasi bencana banjir, dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat untuk pengurangan risiko bencana.

"Simulasi ini sangat penting dilakukan, seiring dengan rentannya Sigi terhadap bencana banjir demi untuk pengurangan risiko bencana," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sigi Asrul Repadjori, di Sigi, Jumat.

Asrul mengatakan evakuasi mandiri bencana banjir terlaksana berkat kerja sama antara Pemkab Sigi dengan organisasi Swiss Solidarity, Caritas Switzerland, Kemensos, Pusaka Indonesia dan Imunitas, berlangsung di Desa Pesaku, Kecamatan Dolo Barat, Jumat.

Asrul meminta kepada Kelompok Siaga Bencana (KSB) di semua desa di Kecamatan Dolo Barat agar rutin melaksanakan simulasi di tingkat desa, sehingga warga semakin terlatih, dengan harapan ketika bencana alam banjir bandang terjadi, maka tidak memberikan dampak yang besar utamanya terkait keselamatan jiwa.

"KSB harus bisa melakukan simulasi kecil di tingkat desa. Jangan hanya karena ada Caritas Switzerland, dan Yayasan Pusaka Indonesia serta Swiss Solidarity, baru kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan. Diharapkan, kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan di tingkat desa," ungkapnya.

Baca juga: Menanamkan kesiagaan sejak dini melalui simulasi gempa
Baca juga: Sigi gandeng multi pihak tingkatkan kesiapsiagaan warga hadapi bencana

Terkait hal itu Country Representative Indonesia Caritas Switzerland Leyn Eliezer Gantare mengatakan Kecamatan Dolo Barat sedang mempersiapkan diri hadapi bencana.

"Simulasi ini sebagai peningkatan kapasitas untuk kesiapsiagaan hadapi bencana," kata dia.

Simulasi evakuasi bencana menjadi puncak kegiatan yang dilaksanakan oleh Caritas Switzerland dalam program ketahanan risiko bencana di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Sigi.

Baca juga: Yakkum: Anak disabilitas perlu dilibatkan dalam simulasi bencana
Baca juga: Basarnas uji kesiapan unsur SAR Palu hadapi dampak bencana alam

Caritas Switzerland menggandeng Pemkab Sigi, Kemensos, Swiss Solidarity dan Yayasan Pusaka Indonesia melaksanakan program ketahanan risiko bencana di Sigi sejak Oktober 2020 dan berakhir pada September 2022.

Dalam rentan waktu tersebut, KSB/forum pengurangan risiko bencana di 24 desa di Kecamatan Dolo Barat dan Dolo Selatan berhasil dibentuk, diikutkan dengan pelatihan dasar pengurangan risiko bencana di 24 desa melibatkan 692 laki - laki dan 311 perempuan.

Caritas juga memfasilitasi pembentukan kajian risiko bencana, pembuatan peta risiko bencana, penyusunan rencana aksi, pembuatan sistem peringatan dini banjir, perencanaan evakuasi, perencanaan kontigensi, peningkatan kapasitas organisasi desa dan terakhir simulasi evakuasi mandiri di tingkat Kecamatan Dolo dan Dolo Selatan yang melibatkan KSB dan warga berlangsung di Pesaku.

Baca juga: Pejabat tinggi PBB ikut simulasi kesiapsiagaan tsunami siswa SD Bali
Baca juga: PMI Jember gelar simulasi tanggap darurat tuntas bencana longsor

 
Sebanyak 200 warga di Kecamatan Dolo Barat, Kabupaten Sigi, Sulteng, mengikuti simulasi evakuasi bencana banjir, berlangsung di Desa Pesaku, Jumat (9/9/2022). ANTARA/Muhammad Hajiji
 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022