Bengaluru (ANTARA) - Indeks saham unggulan Inggris FTSE 100 dibuka sedikit lebih tinggi pada perdagangan Senin, mengikuti kenaikan di pasar global, tetapi data yang menunjukkan ekonomi Inggris tumbuh kurang dari yang diharapkan pada Juli menahan kenaikan lebih lanjut.

Indeks saham unggulan FTSE 100 naik 0,5 persen pada pukul 07.07 GMT, karena indeks komoditas mendapat dorongan dari saham-saham energi dan pertambangan. Indeks STOXX 600 Eropa menguat 0,2 persen, dengan investor menantikan data inflasi utama AS.

Data menunjukkan ekonomi Inggris tumbuh lebih rendah dari yang diperkirakan pada Juli, dengan penurunan produksi listrik mungkin mencerminkan kenaikan tajam dalam harga energi dan sektor konstruksi juga terkena lonjakan inflasi.

Baca juga: Saham Inggris berbalik menguat, Indeks FTSE 100 bangkit 0,33 persen

Saham pertambangan meningkat 1,9 persen, mengikuti harga logam yang kuat di tengah risiko pasokan di China dan dolar yang lebih lemah yang membuat logam yang dihargakan dengan greenback lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Saham sektor energi terangkat 0,8 persen. Indeks saham kapitalisasi sedang atau mid-cap FTSE 250 bergerak 0,2 persen lebih tinggi.

Grup perusahaan judi Entain Plc merosot 1,3 persen setelah regulator kejahatan keuangan Australia mengatakan akan menyelidiki kepatuhan perusahaan terhadap undang-undang anti pencucian uang dan pendanaan kontra-terorisme negara itu.

Cineworld Plc melonjak 6,7 persen setelah pengadilan kebangkrutan AS memberinya akses hingga 785 juta dolar AS dari sekitar 1,94 miliar dolar AS bantuan keuangan yang diperolehnya dari pemberi pinjaman yang ada.

Baca juga: Saham Eropa merosot ke terendah 7 minggu, pasar khawatir bunga naik

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022