Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) kepada 628 warga di Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Lurah Ciracas, Rikia Marwan mengatakan penyaluran BLT BBM sebesar Rp300 ribu untuk September dan Oktober itu dilakukan bersamaan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) untuk September senilai Rp200 ribu.

Baca juga: Total warga penerima BLT BBM capai 69.857 KPM di Jakarta Barat

"Jumlah yang disalurkan Rp500 ribu secara tunai. Alhamdulillah sudah berjalan dengan lancar," kata Rikia Marwan di Jakarta, Selasa.

Rikia menambahkan pihaknya membagi waktu penyaluran bantuan tersebut bagi warga agar tidak terjadi antrean panjang.

Rikia mengatakan dari 10 RW yang ada di wilayahnya, untuk warga RW 01 hingga RW 05 dilakukan pagi hari. Sedangkan untuk RW 06 sampai RW 10 pada siang hari.

Dia menjelaskan warga yang telah terdata oleh Kementerian Sosial sebagai penerima bantuan cukup datang dengan membawa KTP lalu mengantre giliran untuk dipanggil petugas PT Pos Indonesia.

Baca juga: Ribuan warga Kepulauan Seribu terima BLT BBM pekan depan

"Saya bisa menjamin bahwa penerima tepat sasaran. Karena sebelumnya kita sudah melakukan pendataan lagi di tingkat RT dan difokuskan kepada warga yang memang membutuhkan," ujar Rikia.

Salah satu warga Kelurahan Ciracas, Minah menuturkan dirinya sangat senang karena dapat meringankan beban ekonomi melalui bantuan dari pemerintah tersebut.

"Alhamdulillah tadi dapat Rp500 ribu. Prosedurnya juga cepat cukup bawa KTP asli saja," ujar Minah.

Sebelumnya, pemerintah melakukan pengalihan subsidi BBM yang berimbas pada penyesuaian harga Pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10.000, Solar subsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp6.800, dan Pertamax dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

Baca juga: Kodim 0502 Jakarta Utara salurkan BLT minyak goreng kepada warga

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022