Manokwari (ANTARA) - Sebanyak 77 mahasiswa dari 45 Perguruan Tinggi di Indonesia mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.
 
Dosen Modul Nusantara Nanang May di Manokwari, Sabtu, menjelaskan, ke- 77 mahasiswa yang bertukar itu kuliah di Universitas Papua (UNIPA) selama satu semester.
 
"Selain belajar akademik, mereka diwajibkan untuk belajar budaya, keberagaman dan toleransi senilai 4 SKS yang dikenal dengan nama Modul Nusantara yang diikuti setiap hari Sabtu dan Minggu," ujar Nanang yang juga Dosen Kehutanan di UNIPA tersebut.

Baca juga: Tiga mahasiswa Unej berangkat ke tiga negara melalui program IISMA
 
Modul Nusantara dirancang untuk mengenal kebudayaan setempat. Dia menyebut Modul Nusantara dirancang untuk membantu mahasiswa melihat kekayaan ragam budaya dan alam Indonesia.
 
Dia berharap para mahasiswa yang datang dengan persepsi berbeda bisa melihat orang Papua mempunyai kesamaan dengan masyarakat luar, termasuk memiliki nilai toleransi yang tinggi.

Baca juga: Empat mahasiswa UMRAH Kepri lolos program pertukaran mahasiswa merdeka
 
Ke-77 mahasiswa dari berbagasi perguruan tinggi itu datang sejak 15 Agustus 2022 dan direncanakan kembali ke kampusnya masing-masing pada Desember 2022.
 
Mahasiswa Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan (Unimed), Muammar Hanafi menilai selama sebulan terakhir apa yang ditemukan di Papua adalah hal menarik seperti masih terjaganya hutan.

Baca juga: ULM dan Unja kerja sama pertukaran mahasiswa merdeka
 
Dia juga mengatakan telah mulai memahami kebudayaan masyarakat Papua di Manokwari, termasuk antusiasme masyarakat menjaga hutan dan produksi hasil hutan bukan kayu yang dapat menjadi warisan bagi generasi penerus.

Pada kegiatan Konser Perdana Musik Tradisional Papua di Lapangan Borarsi yang digelar Sabtu sore, mahasiswa program pertukaran ini hadir untuk menyimak dan mempelajari musik tradisional Papua. Sehari sebelumnya, para mahasiswa juga menghadiri Forestival di Taman Wisata Alam Gunung Meja untuk mempelajari pelestarian hutan oleh masyarakat dan LSM.

Baca juga: Sebanyak 12.420 mahasiswa ikuti pertukaran di 139 perguruan tinggi
Baca juga: Tiga mahasiswa UI lolos seleksi pertukaran mahasiswa ke Jepang

Pewarta: Rachmat Julaini
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022