mahasiswa mendapatkan pengalaman baru mengenai nilai-nilai kebhinnekaan, mengenal keberagaman suku
Makassar (ANTARA) - Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar penyambutan mahasiswa Inbound sekaligus pelepasan mahasiswa Outbound dalam rangka Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka angkatan 4 Tahun 2024 di Gedung Pinisi UNM Makassar, Jumat.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unhas Prof Hasnawi, melaporkan sebanyak 419 mahasiswa UNM dilepas menuju 61 perguruan tinggi se Indonesia. Sementara UNM menerima sebanyak 167 mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia.

Rektor UNM Prof Dr Ir Husain Syam, MTP IPU, dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan program pertukaran Mahasiswa Merdeka sebagai upaya mengeksplorasi dan mempelajari berbagai keberagaman budaya di seluruh nusantara.

"Dengan program itu mahasiswa mendapatkan pengalaman baru mengenai nilai-nilai kebhinnekaan, mengenal keberagaman suku, ras, agama dan aneka ragam budaya yang ada di Indonesia," katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek: 725.000 mahasiswa ikuti berbagai program MBKM
Baca juga: Kemendikbudristek: Program PMM perkuat persatuan Indonesia


Ia menjelaskan, tujuan utama dari program ini untuk memperkuat wawasan dan membangun kesadaran, saling berbagi dan belajar tentang keberagaman Indonesia.

"Budaya pemahaman ini yang ditanamkan pemerintah supaya kita punya kesadaran sehingga bisa saling menghargai dan menjaga persatuan, kita menjadi bagian yang saling tumbuh bersama,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Prof Husain menyampaikan UNM akan terus mengembangkan infrastruktur digital dalam menghadapi perkembangan zaman, sehingga UNM mampu menjadi kampus pencetak generasi unggulan yang memiliki kemampuan untuk menghadapi era industri.

Baca juga: ULM kirim 263 mahasiswa ke 65 perguruan tinggi pada program PMM
Baca juga: 348 mahasiswa Unja ikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024
Baca juga: Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka di UMP gelar festival budaya

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024