maksimal dua minggu dari sekarang sudah bisa digunakan
Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution menginstruksikan kepada Perumda Pasar untuk segera mengembalikan sekitar Rp600 juta dana pedagang yang akan dipakai penyediaan fasilitas kios di Pasar Aksara baru.

"Kurang lebih Rp600 juta dana yang nantinya akan dikembalikan kepada para pedagang Pasar Aksara," terang Dirut Perumda Pasar, Suwarno di Medan, Rabu.

Pengembalian dana itu, lanjut dia, akan dilakukan dalam waktu dekat secara transparan, sehingga menjadi modal tambahan bagi pedagang berjualan di Pasar Aksara baru nantinya.

Sebab, katanya, pihak Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersedia menyiapkan fasilitas kios di Pasar Aksara baru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Baca juga: Bobby Nasution berupaya jadikan Medan pasar bagi UMKM
Baca juga: Wali Kota Medan pilih tukang kelapa jadi dirut Perumda Pasar

Diketahui, Pasar Aksara baru ini akan menampung 859 orang pedagang yang merupakan relokasi dari Pasar Aksara lama berada di Jalan HM Yamin yang menampung 819 orang pedagang.

"Kami berterima kasih kepada Pak Wali Kota. Akhirnya persoalan penyediaan fasilitas kios, dan kendala fasilitas lainnya ditangani pihak Dirjen Cipta Karya," ungkap Suwarno.

Wali Kota Medan Bobby Nasution pekan lalu menargetkan Pasar Aksara baru berlantai tiga dengan 859 kios yang masih tahap akhir pembangunan akan beroperasi dua pekan lagi.

"Saya sudah minta ke Dirut Perumda Pasar, maksimal dua minggu dari sekarang sudah bisa digunakan," ucap Bobby ketika mendampingi Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meninjau Pasar Aksara baru.

Baca juga: Produk perikanan Sumut diminati pasar dunia

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022