saya berterima kasih untuk rekan-rekan masih mempertahankan batik yang punya makna positif
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan mendorong perajin batik yang seluruhnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)  agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk.

"Semoga  perajin batik yang ada di Jakarta Selatan maupun provinsi bisa melahirkan kreasi dan inovasi baru yang bisa diterima masyarakat," kata Ketua Dekranasda Jakarta Selatan, Essie Feransie Munjirin di Jakarta, Senin, dalam rangka menyambut Hari Batik Nasional 2022.

Essie yang juga Ketua Tim Penggerak PKK menjelaskan saat ini Jakarta Selatan telah membina sejumlah perajin dan mengarahkan mereka agar memamerkan produknya mulai dari kegiatan fesyen hingga bazar seperti berlangsung di Hotel Grandhika Iskandarsyah pada Senin ini.

Setiap dua bulan sekali pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan  merangkul para perajin untuk mengenalkan bisnis mereka di berbagai lokasi..

Kabag Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Mumun Mustahid menambahkan dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa lebih mengenalkan produk batik lokal yang tak kalah berkualitas.

"Batik kita itu di pasar banyak sekali ternyata impor buatan pabrik (printing), maka dari itu saya berterima kasih untuk rekan-rekan masih mempertahankan batik yang punya makna positif," tutur Mumun.

Mumun memberikan semangat dan motivasi kepada para perajin batik untuk terus melestarikan warisan budaya tanah air di tengah tantangan globalisasi ini.

Tak hanya memamerkan produknya melalui fesyen, para perajin di kegiatan ini juga punya cara tersendiri dalam menjual batik.

Seperti yang salah satunya dilakukan oleh Lilis Esnariyani sebagai anggota Koperasi Konsumen Batik Betawi (K2BABE) yang menunjukkan secara langsung proses membatik menggunakan canting.

"Saya harap melalui kegiatan ini para pegawai pemerintah makin tertarik menggunakan produk batik tulis yang para perajin buat," harap Lilis.
Baca juga: Manzone gowes bersama, peringati Hari Batik Nasional
Baca juga: Jenama kuliner turut rayakan Hari Batik
Baca juga: Menperin: Pakai batik, hormati budaya dan perkokoh ekonomi nasional

 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022