Saat ini capaian vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan di Provinsi Bengkulu mengalami peningkatan yaitu sudah mencapai 3.444 orang
Kota Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa hingga saat ini capaian vaksinasi COVID-19 dosis keempat untuk tenaga kesehatan (Nakes) di wilayah itu telah mencapai sebanyak 3.444 orang atau 22,26 persen.
 
"Saat ini capaian vaksinasi dosis keempat untuk tenaga kesehatan di Provinsi Bengkulu mengalami peningkatan yaitu sudah mencapai 3.444 orang," kata Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Kota Bengkulu, Senin.
 
Ia mengatakan bahwa capaian vaksinasi di Bengkulu mengalami peningkatan meskipun tidak signifikan sebab ada beberapa wilayah yang capaiannya vaksinasi dosis keempat masih rendah.
 
Meskipun, kata dia, ketersediaan vaksin jenis Pfizer mencukupi untuk memenuhi capaian vaksinasi dosis keempat dan ketiga di wilayah Bengkulu.ebab vaksin jenis Pfizer dapat digunakan untuk pelaksanaan vaksin dosis ketiga dan dosis keempat sesuai dengan arahan pemerintah pusat," katanya.
 
Pelaksanaan dosis keempat sangat penting, kata dia, sebab dapat mengantisipasi dan melindungi diri dari penyebaran virus COVID-19 meskipun saat ini kasus tersebut telah melandai.
 
Sehingga, seluruh nakes yang ada di wilayah Provinsi Bengkulu dapat segera melaksanakan vaksinasi dosis keempat.
 
"Kami terus fokus melaksanakan vaksin khusus untuk tenaga kesehatan di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu guna mengantisipasi penyebaran COVID-19," katanya.

Ia merinci capaian vaksinasi COVID-19 nakes di Bengkulu yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan 82 orang atau 5,37 persen, Kabupaten Bengkulu Utara 670 atau 37,31 persen.
 
Kabupaten Rejang Lebong 426 orang atau 27,01 persen, Kabupaten Kaur 193 orang atau 23,54 persen, Kabupaten Mukomuko 114 orang atau 7,09 persen.
 
Kemudian Kabupaten Seluma 117 orang atau 9,68 persen, Kabupaten Kepahiang 367 orang atau 39,21 persen, Kabupaten Lebong yaitu 116 orang atau 15,63 persen.
 
Selanjutnya Kabupaten Bengkulu Tengah capaian vaksinasi dosis keempat yaitu 667 orang atau 77,02 persen dan Kota Bengkulu yaitu 692 orang atau 15,76 persen, demikian Herwan Antoni.

Baca juga: Dinkes imbau tenaga kesehatan Bengkulu segera vaksin dosis keempat

Baca juga: 876 nakes di Bengkulu telah terima vaksin COVID-19 dosis keempat

Baca juga: Dua daerah di Bengkulu belum lakukan vaksinasi COVID-19 dosis keempat

Baca juga: Bengkulu kembali ajukan penambahan vaksin untuk tenaga kesehatan

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022