Jambi (ANTARA) - Sebanyak 22 mahasiswa Universitas Jambi (Unja) mengikuti program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) untuk turut berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat desa di Desa Kembang Sri Baru, Kecamatan Sebo Ulu, Batanghari Jambi.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unja Dr. Teja Kaswari, di Jambi, Kamis, mengatakan program TMMD tersebut berlangsung selama 45 hari dengan rincian 30 hari giat TMMD dan 15 hari pengabdian mahasiswa Unja.

"Hal ini juga menjadi wujud kontribusi Unja untuk membantu memberdayakan masyarakat desa yang selaras dengan program TMMD," katanya.

Baca juga: Unja gandeng Arsiparis Kerajaan Belanda ajar artikulasi istilah hukum

Ia mengatakan, TMMD tahun 2022 ini merupakan program karya bakti TNI yang ke-115. Program tersebut juga merupakan salah satu bentuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dan implementasi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tentang mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus.

Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Unja selama di desa tersebut adalah kegiatan nonfisik dari TMMD, antara lain penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pertanian, pendidikan, hukum dan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), keagamaan, bahaya terorisme dan radikalisme, perikanan dan peternakan, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kegiatan pelayanan publik dan kependudukan.

Baca juga: ULM dan Unja kerja sama pertukaran mahasiswa merdeka

"Mahasiswa melakukan berbagai penyuluhan dan pendampingan untuk beberapa bidang seperti ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia berpesan kepada 22 mahasiswa tersebut untuk memanfaatkan waktu dengan maksimal sehingga tujuan yang diinginkan untuk berkontribusi pada program TMMD ini dapat tercapai.

“Jagalah nama baik Universitas Jambi, jagalah nama baik almamater karena itu adalah hal yang penting. Harapannya apa yang dijalankan oleh mahasiswa ini mendapat kesan dari TNI dan masyarakat menjadi bagus," katanya.

Baca juga: Direktur Hukum TNI AD perkuat wawasan kebangsaan mahasiswa Unja

Dia juga mengingatkan mahasiswa untuk dapat memahami dan mengerti adat istiadat daerah yang dituju sehingga dapat berbaur dengan masyarakat yang menunjang keberhasilan program yang dijalankan.

Pewarta: Tuyani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022