Jakarta (ANTARA) - Aktor veteran asal Skotlandia Robbie Coltrane yang dikenal publik melalui perannya dalam serial kriminal "Cracker" dan serial "Harry Potter" meninggal pada Jumat (14/10) dalam usia 72 tahun.

Agen Coltrane, Belinda Wright, seperti disiarkan The Hollywood Reporter, mengatakan, sang aktor menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Skotlandia.

Coltrane meninggalkan seorang saudara perempuan, Annie Rae, anak-anaknya, Spencer dan Alice, serta seorang ibu, Rhona Gemmell.

Baca juga: Pemeran Hagrid bela JK Rowling

“Selain sebagai aktor yang luar biasa dan setelah 40 tahun bangga disebut agennya, saya akan merindukannya,” kata Wright dalam sebuah pernyataan.

Aktor Daniel Radcliffe mengenang Coltrane sebagai sosok yang paling humoris di lokasi syuting. Dia juga mengenalnya aktor yang luar biasa.

Coltrane memulai karirnya di dunia komedi dan teater, itu pernah berpartisipasi dalam dua film James Bond. Dia lahir dengan nama Anthony Robert McMillan pada 30 Maret 1950, di Glasgow, Skotlandia, sebagai putra seorang dokter dan guru.

Setelah lulus dari Glasgow Art School, dia melanjutkan studinya di bidang seni di Moray House College of Education di Edinburgh.

Tetapi karena usahanya untuk menjadi seorang seniman gagal, Coltrane berpartisipasi dalam stand-up comedy di klub-klub Edinburgh. Dia mengubah nama belakangnya untuk menghormati legenda jazz John Coltrane.

Publik mengenal Coltrane saat dia memainkan Dr. Edward "Fitz" Fitzgerald, seorang psikolog kriminal anti-sosial dalam seri "Cracker Jimmy McGovern" yang tayang lebih dari 25 episode antara 1993 dan 2006.

Coltrane memenangkan tiga penghargaan aktor televisi terbaik BAFTA berturut-turut untuk peran itu.

Penampilan itu membuat Coltrane berperan dalam dua film James Bond, memerankan tokoh Valentin Zukovsky di "GoldenEye" dan "The World Is Not Enough".

Tapi kebanyakan orang tahu Coltrane dari peran pendukung besar lainnya yakni sebagai Rubeus Hagrid, penjaga raksasa dalam film Harry Potter, dimulai pada tahun 2001.

Coltrane juga menulis sebuah otobiografi "Coltrane in a Cadillac" dan membintangi serial televisi pada tahun 1993 yang memungkinkannya berkendara melintasi Amerika dari Los Angeles ke New York City dengan Cadillac klasik 1951.

Baca juga: "Harry Potter dan Batu Bertuah" rayakan 25 tahun yang magis

Baca juga: Cetakan langka "Harry Potter" edisi pertama akan dilelang di London

Baca juga: Daniel Radcliffe, Emma Watson kenang pengalaman di "Harry Potter"

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022