Jakarta (ANTARA) - Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Imam Gunarto menekankan bahwa arsip merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang berperan penting dalam upaya membangun memori kolektif bangsa.

"Arsip, sebagai dokumen atau rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media merupakan warisan budaya bangsa," kata dia pada acara "Penjajakan Kerja Sama Pemanfaatan Arsip oleh Media Massa" di Jakarta, Rabu malam.

Ia menjelaskan arsip menjadi salah satu contoh warisan budaya terdokumentasi yang merekam dan menginformasikan bentuk-bentuk peninggalan budaya.

"Ketika suatu arsip tercipta, dapat merefleksikan muatan budaya, khususnya budaya di lingkungan tempat arsip tersebut diciptakan," katanya.

Dia menambahkan salah satu amanat Presiden Joko Widodo pada tahun emas kearsipan 2021 adalah mengenai khazanah arsip yang perlu disajikan secara menarik.

Dengan demikian akan memunculkan kecintaan dan kebanggaan generasi muda terhadap budaya bangsa dan negara.

"Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kolaborasi dan sinergi dengan pemangku kepentingan, termasuk dengan media massa," katanya.

Baca juga: Arsip Nasional dukung pemda di Maluku implementasikan E-Arsip

Imam menyebutkan bahwa kolaborasi yang dimaksud bisa dalam bentuk penyiapan dan pemanfaatan khazanah arsip sesuai dengan tema publik atau kontekstual peristiwa sejarah tertentu dalam karya jurnalistik.

Selain itu, bisa juga dengan menyiarkan atau menayangkan karya jurnalistik di media massa dengan memanfaatkan khazanah arsip statis.

"Semua pihak, termasuk media massa dapat bergerak dan bekerja bersama dalam penyebaran nilai-nilai jati diri bangsa Indonesia," katanya.

Ia menegaskan memori kolektif bangsa harus dibangun dan untuk mewujudkan itu diperlukan upaya dan partisipasi aktif seluruh pihak terkait.

Dia menginformasikan bahwa khazanah arsip yang tersimpan di ANRI merupakan arsip statis berskala nasional yang berasal dari lembaga negara, perusahaan, organisasi politik hingga organisasi kemasyarakatan dan perseorangan.

"Publik dapat mengecek khazanah arsip statis yang dapat diakes melalui website https://anri.go.id/sekitar-arsip/arsip-statis dan melihat pada sarana temu balik arsip statis yang terdiri dari daftar arsip hingga inventaris," katanya.

Baca juga: Menteri BUMN: Pameran Arsip Kepresidenan perkuat "branding" Sarinah
Baca juga: Wamenkumham minta Balai Harta Peninggalan Medan bekerja optimal
Baca juga: Rosita, ikhtiar memperpanjang usia arsip tua di Yogyakarta


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022