penyebaran virus corona sudah melandai
Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan tujuh kabupaten/kota se-Kepulauan Babel tanpa penambahan kasus COVID-19, sehingga pasien terpapar virus corona yang menjalani karantina tersisa 78 orang.

"Hari ini kasus COVID-19 nihil, pasien sembuh bertambah satu dan meninggal satu orang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan tujuh kabupaten/kota tanpa penambahan kasus COVID-19 yaitu Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang, seiring kesadaran masyarakat untuk vaksinasi booster yang cukup tinggi.

"Alhamdulillah, kasus penularan dan penyebaran virus corona sudah melandai dan ini terus ditekan hingga Babel zona hijau COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur Babel ingatkan masyarakat patuhi prokes COVID-19
Baca juga: Enam dari tujuh kabupaten di Babel tanpa kasus COVID-19

Menurut dia saat ini total pasien COVID-19 aktif yang masih menjalani isolasi tersisa 78 orang tersebar di Bangka Barat 31, Bangka Tengah 16, Bangka 11, Pangkalpinang 11, Bangka Selatan 8 dan Belitung 1 orang.

"Saat ini hanya Belitung Timur tanpa pasien COVID-19 aktif, karena kesadaran masyarakat untuk mematuhi prokes dan mengikuti vaksinasi yang tinggi," katanya.

Ia menyatakan dia meski kasus penularan virus corona sudah semakin melandai, namun pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk menekan dan mencegah lonjakan kembali kasus COVID-19 ini. Seperti melalui kegiatan pengawasan dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan dan optimalisasi vaksinasi COVID-19 massal.

"Memaksimalkan vaksinasi massal ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat dari virus corona ini. Oleh karena itu, warga yang belum mendapat vaksinasi COVID-19 lengkap segera mendatangi fasilitas vaksinasi yang disediakan oleh pemerintah untuk menjalani vaksinasi," katanya. 

Baca juga: Babel siapkan gerai vaksin COVID-19 di Kantor Gubernur

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022