Kita langsung lakukan uji coba terkait keamanan pangan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) melakukan pengawasan ketersediaan dan harga bahan pangan di pasar daerah itu sebagai bagian dari langkah pengendalian inflasi.

Sekretaris Kota Jakarta Timur, Fredy Setiawan, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan pengawasan tersebut dilakukan di pasar-pasar tradisional, pasar swalayan, hingga mal di daerah itu.

“Kita melakukan pengawasan terhadap pasar-pasar, mal-mal,  pasar swalayan terkait dengan harga-harga kebutuhan terutama sembilan bahan pokok,” kata Fredy.

Fredy menambahkan pengawasan terhadap ketersediaan dan harga bahan pangan itu merupakan arahan langsung dari Presiden Republik Indonesia.

Baca juga: Jakarta Selatan sediakan protein murah guna tekan harga pangan

Namun, Fredy belum merinci kondisi secara umum ketersediaan dan harga pangan di daerah itu. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta setiap pemerintah provinsi maupun pemerintah kota untuk mengecek, hingga menstabilkan harga dan keamanan pangan.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengikuti rapat pengendalian inflasi yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian secara daring.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur, Ali Nurdin mengatakan, pihaknya selalu menjalankan pengecekan keamanan makanan yang ada di pasar demi menjaga kesehatan masyarakat.

Baca juga: Pemprov DKI: "Pangan Bersubsidi" guna stabilkan harga telur ayam

Tak hanya itu, Ali Nurdin juga mengatakan bahwa pihaknya langsung melakukan uji coba laboratorium terhadap sampel bahan pangan di pasar.

“Sebagai contoh kita secara rutin melaksanakan pengawasan ke pasar-pasar baik tradisional maupun pasar-pasar modern. Kita langsung lakukan uji coba terkait keamanan pangan dengan menggunakan mobil lab keliling," kata Ali. 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022