Hulu Sungai Utara (ANTARA) - Pecatur muda asal Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, Nishfa Dayyana Rahmah berhasil meraih medali perak di Kejuaraan Catur Asian Youth Chess Championships 2022 yang berlangsung di Bali.

"Mengikuti event tingkat Asian ini menjadi 'tugas rumah' juga bagi saya selaku pelatih dan bagi Nishfa harus lebih giat berlatih dan menambah jam latihan," kata Pelatih Internasional/FIDE Instuctur Kabupaten HSU Ahmad Raihan Hasa.

Raihan mengaku sangat bangga atas prestasi Nisfha dan diharapkan bisa memotivasi atlet catur HSU khususnya dan atlet cabang olahraga lain agar semakin giat berlatih dan menimba pengalaman bertanding.

Nishfa meraih prestasi ini bersama Tim Garuda Kelompok Umur (KU) Grup 14 Puteri Indonesia. Perjuangan dia tak semulus bermain di tiga kelas individu yakni di kelas catur standar, catur cepat (rapid chess) dan catur kilat (blitz chess).

Raihan berharap para atlet yang berprestasi agar mendapatkan perhatian pemerintah daerah ataupun yang lain sehingga potensi mereka tidak kandas di tengah jalan.

Baca juga: Mahasiswa Udinus sumbang emas di Asian Youth Chess Championship 2022

Bagi Nishfa sendiri, menjadi duta Indonesia di ajang kejuaraan tersebut sudah sangat membanggakan dan berharga karena mendapat ilmu dan pengalaman yang tidak didapat di ajang lokal.

"Pengalaman berharga buat saya, karena pemain yang saya hadapi semuanya berkelas, bahkan teori catur dan pengalaman tanding yang mereka miliki jauh di atas saya," kata Nishfa.

Dia menjelaskan pecatur dari Vietnam, Mongolia, Kazakstan dan India merupakan lawan bertanding yang berat, karena mereka memiliki persiapan dan skil individu yang sangat baik.

"Saya sangat bahagia, walaupun dalam Catur Perorangan kelompok G14 Puteri saya belum bisa berhasil menyumbangkan medali untuk merah putih, akan tetapi kebahagiaan itu dapat tertebus, karena di Tim Garuda KU G14 Puteri meraih medali perak pada kelompok beregu," terangnya.

Nishfa berjanji akan lebih giat dalam berlatih, serta mempersiapkan diri lebih mantap lagi, terutama dalam opening, middle game dan end game.

"Saya juga harus banyak menganalisa langkah langkah baru serta perkembangan teori catur yang semakin hari hari semakin maju," ungkap dia.

Nishfa satu satunya Atlet Catur Provinsi Kalimantan Selatan dan bersama sekira 100 atlet catur se-Indonesia terpilih mewakili Negara Indonesia di Kejuaraan Catur Asian Youth Chess Championships 2022.

Kejuaraan yang dilaksanakan di The Grand Inna Hotel Kuta, Denpasar, Bali 13 s.d. 22 Oktober diikuti sebanyak 20 negara Asian.

Baca juga: Indonesia kantongi satu emas pada catur cepat AYCC 2022
Baca juga: 400 atlet catur remaja dari 20 negara Asia bertanding di Bali

Pewarta: Imam Hanafi/eddyabdillah
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022