Jakarta (ANTARA) - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mencatatkan laba bersih sebesar Rp3,89 triliun hingga September 2022 atau tumbuh 23,89 persen secara year on year (yoy) dari sebelumnya sebesar Rp3,14 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, pendapatan operasional tercatat sebesar Rp2,31 triliun atau naik 20,31 persen yoy dari sebelumnya sebesar Rp1,92 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Adapun, jumlah kredit yang disalurkan mencapai Rp194,7 triliun, berasal dari pertumbuhan pada bisnis Corporate Banking sebesar 12,8 persen yoy, Consumer Banking sebesar 14,7 persen yoy. KPR sebesar 8,6 persen yoy, KPM sebesar 52,4 persen yoy, serta kontribusi dari anak perusahaan, PT CIMB Niaga Auto Finance.

Pertumbuhan kredit bank bersandi saham BNGA ini diimbangi dengan kualitas kredit yang terjaga, dimana non performing loan (NPL) gross berada pada level 3,55 persen dan NPL net sebesar 0,94 persen.

“Kami telah mencapai hasil positif sampai dengan September 2022, terutama dikarenakan adanya peningkatan pendapatan seiring dengan pertumbuhan bisnis yang baik, biaya yang terkendali, dan tren kualitas underlying asset yang lebih baik,” kata Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan.

Lebih lanjut, total Dana Pihak Ketiga (DPK) perseroan mencapai Rp221,9 triliun dengan rasio CASA naik menjadi 67,7 persen yang dikontribusikan dari pertumbuhan CASA sebesar 6,7 persen.

Kemudian, rasio Return on Equity (ROE) tumbuh 207 bps menjadi 12,90 persen, dan Return on Asset (ROE) tumbuh 24 bps menjadi 2,20 persen.

Sementara, di perbankan syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga Syariah mencatatkan total pembiayaan sebesar Rp45,2 triliun dan DPK sebesar Rp34,6 triliun per September 2022.

“Kami akan senantiasa menjaga hasil kinerja yang positif hingga akhir tahun 2022 terutama pada pertumbuhan di segmen-segmen utama Bank yaitu pada Kredit Pemilikan Mobil (KPM), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Emerging Business Banking (EBB)/Usaha Kecil Menengah (UKM), dan korporasi,” kata Lani.

Baca juga: CIMB Niaga Auto Finance catat pembiayaan baru Rp4,47 T pada semester I
Baca juga: CIMB Niaga hadirkan Sustainability MLD sebagai wadah investasi hijau
Baca juga: AIA-CIMB Niaga luncurkan produk bantu nasabah siapkan dana warisan

 

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022