Mari kita ajak untuk sama-sama menjadi penggerak
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara (Pemkot Jakut) mengajak pemuda di daerah itu menjadi pelopor dalam menangani sampah di lingkungan masing-masing seperti Juara I Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi DKI Jakarta Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata asal Kelurahan Kamal Muara Dede Rahman (22).

"Dede sudah jadi teladan dan semoga menginspirasi pemuda lainnnya. Mari kita sama-sama menjadi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar," kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dalam keterangan tertulis di Jakarta Utara, Jumat.

Ali menjelaskan, dengan modal keahlian menjadi terapi kesehatan, Dede memutar otak dan memunculkan cara yang kreatif agar orang tidak lagi membuang sampah sembarangan dengan menukar sampah botol plastik yang akan dibuang dalam jumlah empat kilogram dengan layanan pijat gratis.

Ali bersyukur Dede memiliki semangat bersama untuk membangun bangsa.

Baca juga: Wali Kota Jaktim ajak anak muda gotong royong bangun negeri

Untuk itu, Ali mengundang Dede Rahman ke Kantor Wali Kota Jakarta Utara untuk menerima piagam penghargaan dan cendera mata secara langsung dari dirinya pada momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94.

"Kita patut bersyukur, melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan. Hal ini menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang," kata Ali.

Dede Rahman dalam kesempatan itu menyampaikan alasannya mau menukar sampah dengan layanan pijat gratis di klinik pijatnya.

Menurut Dede, sampah menjadi persoalan ketika orang membuangnya secara sembarangan.

Baca juga: 77 pemuda ikuti pengenalan budidaya terumbu karang di Pulau Tidung

Oleh karena itu, Dede membuat layanan pijat gratis tersebut. "Ini juga untuk menyadarkan masyarakat agar selalu menjaga lingkungannya dan tidak membuang sampah sembarangan," kata Dede.

"Alhamdulillah, apa yang sudah saya lakukan selama satu tahun lebih ini mendapatkan apresiasi dari pemerintah," ujar Dede pula.

Pada kesempatan itu, Dede diundang Wali Kota Jakarta Utara bersama Juara II Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata Adhitya Adi Riffaldi asal Kelurahan Kalibaru, melalui karya pengelolaan ban bekas menjadi  sofa.

Selain itu, Wali Kota Jakarta Utara juga menyerahkan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat kepada 14 pegawai negeri sipil di lingkup Pemerintah Kota Jakarta Utara periode Oktober 2022.

Baca juga: Pemuda Kamal Muara layani jasa pijat terapi tukar sampah

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022