Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita hukum sepekan menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca kembali, soal perempuan todong pistol ke anggota Paspampres hingga hakim tolak nota keberatan Ferdy Sambo.
 
Berikut lima berita hukum sepekan terakhir yang masih menarik untuk dibaca kembali:
 
1. Komnas HAM duga ada pelanggaran HAM di Kanjuruhan hingga surati FIFA
 
Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menduga adanya pelanggaran HAM oleh aparat keamanan saat peristiwa kemanusiaan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, hingga akhirnya memutuskan mengirimkan surat pada Federation Internationale de Football Association. 
 
"Saya kira kita semua sepakat bahwa ada dugaan pelanggaran HAM di tragedi kemanusiaan Kanjuruhan," kata Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM/Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM, Beka U Hapsara, di Jakarta, Senin.
 
Selengkapnya baca di sini
 
2. Paspampres sebut perempuan bersenjata belum terobos istana presiden
 
Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, Marsekal Muda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko, menyebut perempuan yang membawa senjata api jenis FN belum sampai menerobos Istana Kepresidenan ketika diamankan anggotanya pada Selasa sekitar pukul 07.00 WIB. 
 
Ia  mengatakan peristiwa bermula dari kewaspadaan seorang anggota Paspampres yang melihat seorang perempuan dengan tingkah laku mencurigakan. Perempuan tersebut berdiri di dekat pos utama Paspampres di depan Istana Merdeka yang ada ada di dekat lampu pengatur lalu lintas.
 
Selengkapnya baca di sini
 
3. Majelis hakim tolak keberatan penasehat hukum Ferdy Sambo
 
Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Wahyu Iman Santosa, menyatakan, majelis hakim menolak keberatan dari penasehat hukum terdakwa Ferdy Sambo untuk seluruhnya.
 
“Menolak keberatan dari penasehat hukum terdakwa Ferdy Sambo untuk seluruhnya,” kata Santosa dalam sidang lanjutan Sambo cum suis yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube PN Jakarta Selatan, dipantau dari Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya baca di sini
 
4. Tujuh jenderal polisi purnawirawan temui Listyo Sigit beri dukungan moral
 
Tujuh jenderal purnawirawan polisi menemui Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di Gedung Rupattam Mabes Polri, Kamis, untuk memberikan dukungan moral.
 
Mereka adalah Jenderal Polisi (Purn) Roesmanhadir, Jenderal Polisi (Purn) Chaerudin Ismail, Jenderal Polisi (Purn) Da'i Bachtiar, Jenderal Polisi (Purn) Soetanto, Jenderal Polisi (Purn) Bambang H Danuri, Jenderal Polisi (Purn) Timur Pradopo, dan Jenderal Polisi (Purn) Badrodin Haiti.
 
Selengkapnya baca di sini
 
5. Mahfud: Hukum di Indonesia masih belum tegak
 
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, saat menjadi imam dan khatib shalat Jumat di Masjid Al-Hikmah Universitas Jember di Jawa Timur, mengatakan hukum Indonesia masih belum tegak.
 
"Untuk itu, para pejuang hukum di Indonesia harus ulul albab yakni orang berakhlak mulia sekaligus berotak cerdas," katanya saat menjadi imam dan khatib shalat Jumat di Masjid Al Hikmah Universitas Jember, Jawa Timur, Jumat.
 
Selengkapnya baca di sini
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022