Berjanjilah walaupun anda sudah sarjana bahkan doktor harus tetap membaca
Yogyakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Al Makin mengajak wisudawan dan wisudawati perguruan tinggi Islam negeri tersebut terus membaca, meningkatkan minat baca dan menumbuhkan semangat untuk terus belajar.

"Para wisudawan wisudawati meskipun anda berbahagia melewati fase penting sarjana, magister dan doktor, tapi pesan kami, juga dari para dosen, anda tetaplah belajar, jangan berhenti, anda harus terus membaca," kata Rektor dalam sambutan secara daring pada prosesi Wisuda periode I Tahun 2022/2023 di UIN Yogyakarta, Rabu.

  Rektor mengatakan, meski telah mengenyam perguruan tinggi hingga lulus sarjana, pascasarjana dan doktor harus terus membaca dan belajar dengan membeli buku atau download buku, mengingat apabila melihat statistik Indonesia, tingkat literasi masih terus ditingkatkan.

  "Indonesia masih tertinggal dengan negara lainnya dalam hal literasi. Indonesia perlu meningkatkan minat baca. Kalah dengan negara tetangga. Maka berjanjilah walaupun anda sudah sarjana bahkan doktor anda harus tetap membaca. Belilah, downloadlah, pinjamlah, bacalah," katanya.


Baca juga: UIN Yogyakarta rekor MURI akreditasi internasional prodi terbanyak

Baca juga: UIN Yogyakarta ajukan 18 prodi untuk akreditasi internasional

  Tidak hanya itu, Rektor UIN Yogyakarta juga berpesan untuk seluruh lulusan UIN Sunan Kalijaga agar tidak boleh menyerah dan terus bermimpi setinggi-tingginya, dan salah satu cara untuk menyuburkan mimpi adalah dengan membaca buku.

  Lebih lanjut, Al Makin mengatakan, bahwa 18 program studi UIN Yogyakarta telah diakses Akreditasi Internasional FIBAA secara serentak dan mendapatkan Rekor MURI. Hal itu dapat dijadikan hal positif untuk memotivasi semua civitas akademika, termasuk para alumni.

  "Insya Allah kita akan terakreditasi secara Internasional, dan ini adalah modal besar bagi wisudawan wisudawati, anda siap berkompetisi tidak hanya di level nasional tapi internasional. Saat ini, UIN Sunan Kalijaga juga masih menjadi satu satunya PTKIN yang terakreditasi unggul, ini adalah modal utama," katanya.

  UIN Sunan Kalijaga pada periode I Tahun Akademik 2022/2023 mewisuda sebanyak 1.801 orang dalam tiga hari dari 1-3 November. Pada 1 November wisuda 356 orang Sarjana dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 145 orang Sarjana dari Fakultas Sosial dan Humaniora, dan 110 orang lulusan Program Magister dan Doktor Pascasarjana.

  Pada 2 November wisuda 193 orang Sarjana dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, 113 orang Sarjana dari Fakultas Sains dan Teknologi, 275 orang Sarjana dari Fakultas Syari’ah dan Hukum, dengan total jumlah yang diwisuda 581 orang.

  Kemudian pada 3 November diwisuda 192 orang dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 159 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 258 orang dari Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, total yang diwisuda berjumlah 609 orang.

  Terdapat 17 orang wisudawan dan wisudawati yang berhasil meraih predikat sebagai lulusan terbaik-tercepat.

Baca juga: UIN anugerahi honoris causa cendekiawan bidang sosiologi perdamaian

Baca juga: UIN Yogyakarta gelar konferensi internasional bahas sisi kemanusiaan

 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022