“Kita tidak boleh menjadi katak dalam tempurung, menjadi jago kandang, kita harus berkolaborasi dengan siapa saja yang ingin membangun kebaikan bagi kemanusiaan,"
Banjarmasin (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan acara wisuda ke-77 terhadap 1.000  orang lulusan baru untuk program Sarjana, Magister dan Doktor di kampus 2 di Kota Banjarbaru, Sabtu.
 
Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof Mujiburahman berbangga para sarjana yang diwisuda hasilnya banyak yang lulus dengan berpredikat pujian (IPK: 3,50–4.00) hingga lebih dari 50 persen.
 
Dia pun menyampaikan kemajuan pendidikan tinggi di kampusnya yang telah banyak membuat kemudahan bagi banyak orang, termasuk hadirnya lebih dari 40 mahasiswa asing.
 
Angka tersebut menurut Mujib, berdasarkan pendataan dari pihak imigrasi yang diklaim terbanyak di antara perguruan tinggi lainnya di Kalimantan.
 
Hal ini jelas dia, buah dari kerja keras kolaborasi internasional di bawah naungan Asian Islamic Universities Association (AIUA) yang dipimpinnya sebagai presiden.

“Kita tidak boleh menjadi katak dalam tempurung, menjadi jago kandang, kita harus berkolaborasi dengan siapa saja yang ingin membangun kebaikan bagi kemanusiaan," ungkapnya.
 
Bahkan di tahun akademik 2023/2024, sudah datang lima mahasiswi baru dari Thailand, dengan sebelumnya ada dari Malaysia hingga Turki.
 
"Oleh karena itu, saudara-saudara ini dahulunya waktu kuliah dipaksa dengan ikhlas untuk bangun subuh-subuh, agar pagi harinya bisa belajar bahasa asing,” tutur Mujib.
 
Program lainnya yang dibanggakan oleh para wisudawan/wisudawati, adalah pemondokan, hingga tersedianya Banjar dan Melayu Corner di Lantai Dasar Gedung Perpustakaan Kampus 1.
 
“Saya sangat menyukai fasilitas ini, karena kita diajak untuk tidak meninggalkan adat istiadat tradisi Islam,” ucap M Zaki Mubarak, S.Pd., lulusan terbaik Wisuda Sarjana ke-77 tahun 2023.
 
Seperti diketahui, untuk pertama kali, upacara wisuda di UIN Antasari dilangsungkan dua sesi, pagi dan siang, berjumlah total 1.000 orang, guna memenuhi aspirasi masyarakat, yang para orang tuanya ingin merasakan memasuki kemegahan gedung baru, yang dilengkapi perangkat audio visual menggelegar.
 
"Dari data wisudawan/ti di atas dapat diketahui bahwa predikat kelulusan pujian  55,1 persen, predikat kelulusan sangat memuaskan sebanyak 43,2 persen, predikat kelulusan memuaskan sebanyak 0,4 persen, sedangkan predikat lulus sebanyak 0 persen,” demikian ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Antasari Banjarmasin Dr Hj Nida Mufidah melaporkan.
Baca juga: UIN Antasari luluskan sarjana dengan 51,35 persen raih nilai tinggi 
Baca juga: KKN UIN Antasari digelar hingga ke Malaysia dan Thailand
Baca juga: Buku "Visioning Indonesia" Wakil Ketua DPR Muhaimin dibedah di Kalsel
Suasana wisuda sebanyak 1.000 sarjana UIN Antasari Banjarmasin di kampus 2 UIN Antasari Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Sabtu. (ANTARA/HO-UIN Antasari Banjarmasin)

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023