Banjarmasin (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggelar wisuda sarjana ke-76 serta magister dan dokter ke-46 pada tahun 2023 dengan total 51,35 persen meraih nilai tinggi atau predikat pujian.
 
Rektor UIN Antasari Banjarmasin Kalsel Prof Mujiburahman memuji 191 sarjana atau 51,35 persen dari sebanyak 372 yang diwisuda tahun ini dengan predikat pujian tersebut pada gelar wisuda di Kampus 2 UIN Antasari Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Rabu.
 
Bahkan Mujiburahman memberikan penghargaan kepada tujuh wisudawan/wisudawati terbaik dari semua fakultas dan pascasarjana.
 
Mujiburahman meminta para sarjana untuk selalu mengingat dan mengamalkan visi dan misi UIN Antasari Banjarmasin, yakni, "Unggul dan berakhlak".

Baca juga: UIN Antasari Banjarmasin wisuda 1.072 sarjana saat Dies Natalis ke-58

Baca juga: UIN Antasari gelar pertemuan ilmiah para sarjana Borneo

 
"Unggul dalam keilmuan, berakhlak dalam kepribadian," tuturnya.
 
Dijabarkan Mujiburahman, unggul dalam keilmuan itu adalah empat pilar filosofi keilmuan, yakni, pertama integrasi ilmu-ilmu formil dengan ilmu-ilmu keislaman.
 
"Jadi ilmu dunia dapat, ilmu akhirat juga dapat," paparnya.
 
Sedangkan yang kedua, kata Mujiburahman, adalah integrasi Islam dan kebangsaan. Sedangkan yang ketiga adalah berbasis lokal serta yang keempat adalah berwawasan global.
 
"Artinya, kita tetap berpijak pada budaya kita sendiri tanpa tercabut dari akar," katanya.
 
Mujiburahman juga menyampaikan kemajuan pembangunan kampus UIN Antasari Banjarmasin baik di kampus 1 di Kota Banjarmasin maupun kampus 2 di Kota Banjarbaru.
 
UIN Antasari Banjarmasin kini sudah memiliki  39 program studi dari tingkat S1 hingga Pascasarjana.*
   

Pewarta: Sukarli
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023