"Biarkan mereka yang pilih, karena kita yang paham karakter di sini, tapi kita tidak paham di sana,"
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, merespon ketertarikan Pemerintah Negara Inggris untuk menjajaki kerja sama Sister City atau kota kembar dalam hal pertumbuhan ekonomi dan pengembangan infrastuktur pembangunan kota.

"Delegasi Inggris menawarkan undangan ke saya untuk jalan-jalan ke sana. Saya sampaikan tahun ini agak sibuk, jadi saya minta diagendakan tahun depan," kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto merespon tawaran tersebut disela kegiatan Makassar Invesment Forum (MIF) 2022 di hotel Four Poin by Sheraton, Kamis.

Pria disapa akrab Danny Pomanto ini mengemukakan, tawaran itu disampaikan saat One On One Meeting MIF 2022, Inggris-Makassar yang membahas potensi menjalin Sister City antarkedua negara.

Namun demikian, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Kedubes Inggris terkait potensi kerja sama sister city antara Makassar dengan salah satu kota di Inggris.

"Biarkan mereka yang pilih, karena kita yang paham karakter di sini, tapi kita tidak paham di sana," ujar Wali Kota dua priode itu menambahkan.

Sebelumnya, East Java Regional Manager Kedubes Inggris Erlin Puspitasari saat rapat bersama Wali Kota di hotel setempat menyampaikan pihaknya tertarik menjalin kerja sama potensi Sister City antara Kota Makassar dengan salah satu kota di Inggris sehingga dibicarakan lebih serius.

Guna mewujudkan Sister City antara kedua belah pihak, timnya akan melakukan research (penelitian) dan berdiskusi bersama dengan Pemerintah Inggris untuk menyamakan karakter kedua kota tersebut.

"Tapi, kita belum tentukan karena sister city itu harus ada karakter di antara kedua kota yang sama. Misalnya, Surabaya-Liverpool, itu karakternya sama-sama kota olahraga. Makanya, saya harus research dulu Kota Makassar karakternya seperti apa dan kota mana di Inggris yang cocok disandingkan dengan Makassar," katanya menjelaskan.

Dalam pertemuan tersebut, Erlin juga membawa delegasi investor dari Inggris yang bergerak di bidang renewable energy. Sebab, selain sister city, ada beberapa program dari Inggris untuk Kota Makassar.

"Kami juga membahas rencana kerja sama di bidang ekonomi, khusus bidang investasi terutama investasi publik transportasi, ada MRT, LRT, Sustainable Infrastructure, hingg Green Energy," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kedubes Inggris mengundang Wali Kota Makassar Danny Pomanto untuk melihat secara langsung potensi kerja sama antara Kota Makassar dan Inggris.

Saat diskusi hadir pula Kepala Bagian Kerja Sama Ismawaty Nur, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Firman Pagarra, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Zulkifli Nanda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aryati Puspasari Abadi, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Evi Aprialty.
Baca juga: Dubes Kroasia untuk ASEAN jajaki kerjasama kota kembar dengan Makassar
Baca juga: Makassar-Prancis tandatangani MoU di atas Pinisi
Baca juga: Makassar-Georgia jajaki kerja sama pengembangan kota
Baca juga: Makassar ajak Trengganu jadi kota kembar

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022