tantangan kita bersama, bagaimana wartawan di Kalteng khususnya anggota PWI Kalteng bisa lebih profesional
Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah resmi menjadi Anggota Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), ditetapkan dalam rapat pleno PWI Pusat yang dipimpin Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Gubernur Sugianto dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Jumat, mengatakan, ditetapkannya dirinya sebagai Anggota Kehormatan PWI merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagaimana meningkatkan sumber daya wartawan khususnya yang bernaung di PWI Kalteng.

"Ini luar biasa dan menjadi tantangan kita bersama, bagaimana wartawan di Kalteng khususnya anggota PWI Kalteng bisa lebih profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik," terangnya.

Sugianto menegaskan, tentunya dalam bekerja, wartawan harus menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik dan Undang-Undang 40 tahun 1999 tentang Pers. Untuk itu dirinya bersama pemerintah siap mendukung agar pers di Kalteng semakin baik dan profesional.

Adapun penyerahan dan penyematan Kartu Tanda Anggota Kehormatan PWI untuk Gubernur Sugianto Sabran dilakukan oleh Ketua PWI Kalteng Harris Sadikin didampingi sejumlah pengurus bertempat di ruang kerja gubernur, Kamis (10/11).

Baca juga: HPN menjadi sarana refleksi perwujudan kebebasan pers di Kalteng
Baca juga: Bupati: PWI Barito Utara bantu pemerintah tangkal berita hoaks

Ketua PWI Kalteng Harris Sadikin menjelaskan, Gubernur Sugianto dinilai wajar menerima Anggota Kehormatan PWI karena kepeduliannya terhadap media dan wartawan, khususnya saat awal menghadapi pandemi COVID-19.

"Gubernur menggelontorkan anggaran yang cukup besar bagi media saat itu, sehingga media dapat bertahan di tengah hantaman pandemi COVID-19," katanya.

Lebih lanjut Harris Sadikin juga mengapresiasi dukungan yang diberikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, untuk kontingen PWI Kalteng mengikuti Porwanas XIII di Malang Raya, Jawa Timur.

"Kami akan berupaya menjaga nama baik Kalteng di kancah nasional. Tentu sesuai harapan gubernur, kami akan mempromosikan daerah kepada masyarakat luas," ujarnya.

Kontingen PWI Kalteng terus melakukan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII yang berlangsung 20-27 November 2022.

Dalam keikutsertaan tersebut, Gubernur berpesan agar kontingen menjaga nama baik daerah sekaligus mempromosikan berbagai potensi maupun keunggulan daerah kepada masyarakat luas.

Baca juga: Gubernur Kalsel jadi anggota kehormatan PWI Pusat

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022