dorongan menjadi pelopor kamtibmas yang diberikan salah satunya melalui pembekalan keterampilan diri dan pembentukan mental-karakter
Palembang (ANTARA) - Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menyebutkan para anggota Pramuka se-Indonesia menjadi pelopor terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di daerah masing-masing.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi Waseso kepada wartawan dalam kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Tingkat Nasional (Pertikaranas) IV di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

Menurutnya, dorongan menjadi pelopor kamtibmas yang diberikan salah satunya melalui pembekalan keterampilan diri dan pembentukan mental-karakter di setiap tingkatan kwartir pramuka, khususnya dalam Pertikaranas sebagai agenda latihan bersama nasional lima tahunan itu.

Adapun Pertikaranas IV sendiri digelar selama lima hari pada 13-18 November 2022 terpusat di Bumi Perkemahan Gandus, Palembang, yang diikuti sebanyak 3.000 anggota Pramuka dari 32 provinsi.

Ia menjelaskan, dalam Pertikaranas IV para pemuda anggota Pramuka ditempa melalui rangkaian pelatihan kepramukaan dan bakti sosial.

Kegiatan pelatihan antara lain terdiri dari krida ketertiban masyarakat, krida lalu lintas, pencegahan dan penanggulangan bencana, wawasan kebangsaan cinta tanah air, ketenagakerjaan pramuka, dan perlindungan sumber daya alam.

Baca juga: Bawaslu usulkan Saka Pramuka ikut awasi Pemilu 2024

Baca juga: Dinkes Surabaya beri wawasan kesehatan bagi Pramuka


Kemudian, bakti sosial fisik mulai dari renovasi rumah layak huni, rehabilitasi rumah ibadah, pembuatan taman pramuka, pengecoran jalan setapak warga, penanaman pohon, penebaran bibit ikan dan normalisasi aliran Sungai.

Bahkan, lanjutnya, mereka pun turut terlibat dalam pemberian pengobatan gratis, vaksinasi COVID-19, penyuluhan perilaku hidup sehat dan hidup bersih (PHBS), penyuluhan narkoba dan penyuluhan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Setiap peserta wajib mengikuti seluruh kegiatan, mereka se-Indonesia berkumpul bersosialisasi berlatih, dibina bersama yang kemudian harapannya melalui semua ini bisa tercipta kesatuan bangsa, keamanan dan ketertiban masyarakat, mereka lah yang mempelopori," kata dia.

Ia menambahkan, pada prinsipnya Gerakan Pramuka merupakan wadah untuk membina generasi karena itu modal penting bagi mereka yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa ini di masa depan.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, pihaknya mendukung penuh pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan yang mana telah dipersiapkan sejak awal tahun 2022.

Sebab, pihaknya menilai Petikaranas IV merupakan kegiatan penting yang dapat mendorong terciptanya generasi pemuda bermental kesatria dan solidaritas tinggi sebagaimana yang ada pada diri seorang Pramuka sejati.

"Ini menjawab tantangan negara kita yang sedang mengalami bonus demografi, pemuda kita siapkan menjadi pelopor dan pemimpin di 30 tahun ke depan," kata dia.

Baca juga: Solok raih piala penghargaan peringatan Hari Pramuka tingkat Sumbar

Baca juga: BNN dan Green Pramuka City berkolaborasi ciptakan hunian bebas narkoba

​​​​​

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022